SMAN 1 Latambaga UN Gunakan Genset – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMAN 1 Latambaga UN Gunakan Genset

UNBK

Enam Sekolah di Kolaka UN Berbasis Online

KOLAKA, BKK – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Latambaga terpaksa menggunakan genset karena mati lampu.

Wakil Bupati Kolaka Jayadin memantau langsung proses pelaksanaan UN kali ini. Dari pantauannya, di SMAN 1 Latambaga terpaksa menggunakan mesin genset karena layanan pembangkit listrik nasional (PLN) tidak maksimal.

Akibatnya, Jayadin langsung memerintahkan untuk membawa genset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka untuk mengantisipasi keterlambatan UN online.

“Yang kita antisipasi hanya persolan jaringan dan listrik. Buktinya ini terjadi di SMAN 1 Latambaga,” kata Jayadin, Senin (4/4).

Di Kolaka, ada enam sekolah yang menyelenggarakan UN berbasis online atau Based Test (CBT). Adalah SMKN 1 Baula, SMAN 1 Kolaka, SMAN 2 Kolaka, SMAN 1 Latambaga, SMKN 1 Kolaka dan SMKN 2 Kolaka.

Dalam memantau UN, Jayadin didampingi Asisten III Setda Kolaka H Ruhaedin Djamaluddin, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kolaka Salamansyah dan Kabag Humas dan Protokol Setda Kolaka Amri Djamaluddin.

Disela peninjauannya, Jayadin mengungkapkan, pelaksanan UN berbasis online tahun ini di Kolaka merupakan kali kedua. Tahun lalu, hanya SMKN 1 Baula yang melaksanakan.

“Tahun ini, bertambah lima sekolah yang menyelenggarakan UN berbasis online. Saya kira di Sultra, sekolah yang banyak menyelenggarakan UN berbasis online itu ada di Kolaka,” katanya.

Di tempat sama, Kadis Dikmudora Salamansyah mengaku, mengantisipasi kendala jaringan internet maupun listrik, dirinya telah meminta pihak Telkom dan PLN untuk mengatasinya.

“Kondisi jaringan internet di Kolaka memang sedang tidak stabil. Untuk itu, saya sudah minta pihak Telkom, termasuk PLN selama pelaksanaan ujian berlangsung,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Berita Kota Kendari, pelaksanaan UN di SMAN 1 Kolaka dan SMKN 1 Kolaka berjalan normal. (cr3/d/r1)

Click to comment
To Top