Pendidikan

Satu Siswa Ujian di Balik Jeruji

#4.259 Siswa di Muna Ikut UN

RAHA, BKK – Dari 4.259 siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ini di Kabupaten Muna, satu siswa terpaksa harus mengerjakan soal di balik jeruji besi.

Andi Andrians (19) terpaksa harus mengikuti UN di Lembaga Permusyawarakatan (Lapas) Kelas IIB Raha karena tersandung kasus hukum.  Dalam mengerjakan soal, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tongkuno Jurusan IPS ini, diawasi langsung pihak Diknas Muna, pihak Lapas Kelas IIB Raha dan orang tuanya.

“Soal UN Andi Adrians diambil dari SMAN 1 Raha. Kebetulan, ada salah satu peserta UN di SMAN 1 Raha jurusan IPS, tidak mengikuti UN tahun ini. Kalau mau mengambil soal dari SMAN 1 Tongkuno, habis waktu UN hari ini, soal belum tiba di Raha. Pendistribusian soal UN 1 lembar ke Lapas, juga dikawal polisi,” terang Kasek SMAN 1 Raha Drs Muhidin, Senin (4/4).

Keberadaan Andi di penjara, ikut dibenarkan pihak Kejaksaan Negeri Raha.

“Andi Adrians terlibat kasus pengeroyokan. Yang bersangkutan dijerat pasal 170 ayat 2 dengan ancaman 7 tahun penjara. Saat ini terdakwa masih dalam penuntutan di PN Raha,” terang Kasi Intel Kejari Raha La Ode Abdul Sofian SH MH membenarkan.

Di Kabupaten Muna, Sebanyak 4.259 siswa SMA madrasah aliyah (MA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) se-Kabupaten Muna mengikuti UN, Senin (4/4).

Jumlah tersebut terdiri dari, 420 peserta SMA/MA, 811 peserta SMK dan ditambah 28 siswa SMA Luar Biasa (LB). Jumlah UN kali ini meningkat jika dibandingkan tahun lalu  yang pesertanya hanya 4.083 siswa.

Pantauan Berita Kota Kendari, pelaksaan UN berbagai sekolah di Kota Raha berjalan lancar, diantaranya di SMAN 1 Raha.

“Di SMAN 1 Raha ini ada 320 orang peserta UN. Hanya dua orang yang tidak ikut UN tanpa ada kabar. Satu orang Jurusan IPA atas nama Wa Zima dan satu orang lagi Jurusan IPS atas nama Siti Karmila,” beber Muhidin.

“Mereka ini, siswi yang tidak lulus UN tahun lalu.  Dari total 320 peserta UN di SMAN 1 Raha,  jurusan IPA ada 230 orang dan jurusan IPS 90 orang ,” bebernya.

UN di Kabupaten Muna dipantau langsung oleh Kadis Diknas Kabupaten Muna Drs La Ode Ndibale, Kabid Dikjar Diknas Muna Muhktar SPd MSc.

Mata pelajaran (mapel) yang diujiankan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia dan Kimia untuk jurusan IPA. Sedang Jurusan IPS diujiankan mapel Bahasa Indonesia dan Giografi.

Di hari kedua, mata pelajaran yang diujiankan adalah Matematika dan Biologi (Jurusan IPA) dan Matematika dan Sosiologi (Jurusan IPS). Hari ketiga, Bahasa Inggris dan Fisika (Jurusan IPA) dan Bahasa Inggris dan Ekonomi (Jurusan IPS).

“Mengenai kelulusan setiap sekolah, kita kembalikan ke sekolah masing-masing,” kata Kadis Diknas Muna Drs La Ode Ndibale didampingi Kabid Dikjar Diknas Muna Muhktar SPd MSc. (cr1/c/r1)

To Top