Persoalkan Proyek Jalan, Warga Wawonii Demo di Kejati – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Persoalkan Proyek Jalan, Warga Wawonii Demo di Kejati

KENDARI, BKK – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Independen Pemantau Kebijakan  (Lintas Wawonii) Cabang Sulawei Tenggara (Sultra) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, Senin (4/4).
Dalam aksinya massa meminta pihak Kejati Sultra melakukan pemeriksaan terhadap kontraktor PT Patowonua Jaya Mandiri dalam melakukan pembangunan pekerjan jalan ruas Munse-Batulu yang telah menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Rp 2,7 miliar tahun anggaran 2015.
Kordinator aksi, Juslan Al Faruq mengatakan, menuntut tanggung jawab perusahaan serta pihak Pemerintah Kabupaten Konkep yang menganggap bahwa pekerjaan jalan tersebut merupakan ada indikasi di dalamnya tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian negara.
“Dari hasil pengamatan kami, pekerjaan tersebut ada indikasi tindak pidana korupsi dari PT Patowonua Jaya Mandiri serta keterlibatan Pemkab Konkep yang mengakibatkan kerugian negara,” katanya, dalam sebuah orasi.
Lanjut Juslan, pekerjaan jalan tersebut sampai hari ini belum terselesaikan dan sangat merugikan masyarakat Konkep karena tidak sesuai dengan mekanisme atau aturan yang telah ditetapkan oleh pemkab.
Pihak Kejati Sultra yang dipimpin oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kejati Janes Mamangkey SH, menemui para pengunjuk rasa.
“Untuk sementara kami hanya menerima laporan mereka karena mereka tidak bisa menunjukan bukti hasil audit BPK seperti yang mereka tuduhkan itu. Takutnya jangan sampai kami sudah melakukan pemeriksaan ternyata hasilnya nihil dan hanya sebatas fitnah saja,” ujarnya, saat ditemui wartawan usai pertemuan.
Janes menambahkan, pihaknya tetap mengapresiasi para demonstran untuk melakukan laporan dugaan korupsi seperti ini, tetapi harus disertakan dengan bukti yang kuat dan jika memang terbukti pasti ditindaklanjuti. (p5/e/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top