Pemkab Kolaka Tuduh PT Antam Manipulasi Kewajiban CSR – Berita Kota Kendari
Headline

Pemkab Kolaka Tuduh PT Antam Manipulasi Kewajiban CSR

Rektor USN: Laporkan ke KPK

KOLAKA, BKK- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka mencurigai PT Antam Pomalaa tidak transparan melaporkan keuntungan yang didapat setiap tahun.

Berkait masalah ini, Rektor Universitas 19 Maret (USN) Kolaka menyarankan PT Antam dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Masalah ini terungkap dalam Seminar Nasional CSR 2016 bertema “Pelaksanaan CSR Kepentingan Pemda dan Perusahaan Menurut Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2007”.

Seminar diselenggarakan Lembaga Study Hukum dan Kebijakan USN Kolaka, Senin (4/4).

Adalah Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Alam (SDA) Pemkab Kolaka Ishak Nurdin yang mengungakapkan indikais kecurangan PT Antam terhadap warga Kolaka.

Keuntungan PT Antam, kata Ishak Nurdin, sangat pentinga terhadap perhitungan berapa banyak dana corporate social responsibility (CSR) yang harus dikeluarkan oleh sebuah PT Antam.

Karena, ujar dia, PT Antam selaku badan usaha milik negara (BUMN) wajib mengeluarkan 4% dari keuntungannya.

“Tapi, pihak PT Antam tidak pernah menyampaikan berapa untungnya setiap tahun,” ucap Ishak, saat membawakan materi dalam seminar itu.

Sementara itu, giliran Rektor USN Kolaka Dr Azhari berbicara, ia mengatakan, dalam setiap pelaksanaan seminar CSR yang selalu menjadi sasaran adalah PT Antam dan PT Vale.

Azhari menyarankan, anak didiknya untuk tidak melakukan aksi unjuk rasa jika menemukan perusahaan yang tidak membayar CSR.

Sebaiknya, pinta Azhari, perusahaan tersebut langsung dilaporkan kepada kepolisian, kejaksaan, ombudsman, hingga ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Walaupun berteriak, tidak ada gunanya. Sebaiknya, salurkan aspirasi sesuai aturan dengan melaporkan,” imbaunya, saat membuka seminar CSR yang dirangkaikan dengan Dies Natalis II USN.

Di tempat yang sama, Vice President CSR PT Antam Agus Yulianto yang juga sebagai pemateri tidak menjawab tuduhan Pemkab Kolaka.

Agus hanya mengatakan hal lain bahwa dana CSR itu keluar berdasarkan program.

Beberapa kegiatan telah dilaksanakan, seperti, bidang pendidikan dengan cara memberikan beasiswa kepada semua mahasiswa asal Kolaka.

Mulai dari mahasiswa USN, Universitas Halu Oleo (HAO) Kendari, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, dan mahasiswa yang kuliah di Pulau Jawa.

“Semakin banyak keuntungan yang didapat, semakin banyak pula dana CSR yang kami keluarkan,” ujar Agus, tanpa menyebutkan keuntungan PT Antam yang diperoleh tiap tahun. (cr3/d/r2)

To Top