IAIN Kendari Tuan Rumah PWN PTKI – Berita Kota Kendari
Headline

IAIN Kendari Tuan Rumah PWN PTKI

 Rektor IAIN Kendari, Dr H Nur Alim MPd (keempat dari kanan) bersama jajaran Wakil Rektor dan Dekan di lingkup IAIN Kendari. (foto: dok)

Rektor IAIN Kendari, Dr H Nur Alim MPd (keempat dari kanan) bersama jajaran Wakil Rektor dan Dekan di lingkup IAIN Kendari. (foto: dok)

KENDARI, BKK – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Perkemahan  Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PWN PTKI) yang rencananya akan berlangsung di kompleks kampus IAIN Kendari 14-21 Mei 2016 mendatang.

Rektor IAIN Kendari, Dr H Nur Alim MPd menjelaskan, menjadi tuan rumah PWN adalah suatu tantangan tersendiri dimana usia IAIN Kendari yang baru memasuki usia setahun.
“Saya tantang panitia untuk bisa sukses menggelar kegiatan nasional yang besar seperti ini. Walaupun usia IAIN Kendari baru setahun, namun kami siap melaksanakannya,” kata Nur Alam kepada jurnalis Harian Berita Kota Kendari (BKK) di kampus IAIN Kendari, Senin (4/4).
Saat ini jajaran IAIN Kendari terus melakukan persiapan khususnya sarana prasarana perkemahan agar saat pelaksanaan bisa sukses.
Pada kesempatan itu jurnalis senior BKK menyempatkan diri mendampingi Rektor IAIN meninjau sejumlah halaman kampus yang akan dijadikan lokasi perkemahan.
Menurutnya, lokasi perkemahan PWN kali ini membentang diantara dua daerah yakni Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan. Karena lokasi kampus IAIN Kendari berada di perbatasan dua daerah itu, yakni sebagian masuk dalam wilayah Kota Kendari sebagian lain masuk dalam wilayah Kabupaten Konawe Selatan.
Nur Alim yang sukses membangun STAIN menjadi IAIN ini menguraikan, PWN merupakan kegiatan bersama antara IAIN Kendari, Kwarda Sultra, Kwarnas dan Pemprov Sultra. Kegiatan ini diikuti perguruan tinggi keagamaan  Islam se-Indoensia yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.
Namun pada PWN kali ini STAIN Kendari juga mengundang perwakilan dari perguruan tinggi Islam dari negara ASEAN seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand. “Insya Allah dari tiga negara ini akan hadir, khususnya dari Thailand karena kami sudah kerjasama dengan dengan lembaga keislaman —semacam MUI di negara itu,” ujar Nur Alim.
Dia menambahkan, kegiatan ini juga akan melibatkan beberapa perguruan tinggi keagamaan lain, seperti Hindu dan budha.
Dia merinci peserta perkemahan diperkirakan mencapai 3.042 orang, terdiri dari 55 Racana PTKIN sebanyak 990 orang, 20 Racana PTA berjumlah 360 orang dan 12 Racana PTU se Sultra sejumlah 216 orang. Pangkalan MAN/MAS 20 Ambalan sebanyak 360 orang, Pangkalan SMA/SMK 20 Ambalan berjumlah 360 orang dan 6 negara ASEAN 72 orang.
“Selain itu ada Mabigus, Pinkon dan Bindamping 384 orang, panitia 300 orang dengan total 3.042 orang. Jumlah ini kemungkinan bertambah karena waktu pelaksanaanya juga masih lama,” katanya.
Ditegaskan, kegiatan ini bermanfaat bagi daerah yakni mempromosikan daerah Sultra khususnya Kota Kendari kepada perguruan tinggi keagamaan di seluruh Indonesia. Selain itu juga akan berdampak pada ekonomi daerah, karena para peserta tentu datang dengan membawa sejumlah dana ke daerah ini.
“Paling tidak para peserta nanti ketika menyebut Kota Kendari, mereka akan teringat pernah ke sini dan akan menjelaskan kepada keluarganya atau rekan-rekannya. Disamping itu juga akan pemasukan bagi daerah, karena sekian ribu peserta yang datang dengan modal dana masing-masing untuk berbelanja kebutuhan selama pelaksanaan,” ujarnya.
Makanya dia mengharapakan dukungan pemerintah daerah di Sultra, khususnya Pemerintah Provinsi Sultra dan Pemerintah Kota Kendari. (lex)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top