Satu Hari, Polisi Tilang 50 Kendaraan – Berita Kota Kendari
Beranda

Satu Hari, Polisi Tilang 50 Kendaraan

Operasi Simpatik (3)

KENDARI, BKK – Dalam pelaksanaan operasi simpatik 2016, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menilang 50 kendaraan dalam satu hari.

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Dirlantas Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Jarwadi mengaku, operasi simpatik ini sudah berlangsung dua pekan bekerja sama dengan Polres Kendari dan Dinas Perhubungan.

Pada minggu pertama, operasi simpatik masih sebatas sosialisasi. Minggu kedua, operasi dilakukan penindakan dengan teguran. Pada minggu ketiga, penindakan hukum bidang lalu lintas.

Pada hari pertama penindakkan hukum, polisi telah menilang 50 kendaraan. Itu pun, hanya beberapa jam.

“Kalau ada pelanggaran berat, seperti kendaran yang bisa menimbulkan kecelakaan atau tidak ada SIM (surat izin mengemudi) dan STNK (surat tanda nomor kendaraan), maka kita tilang,” terang Jarwadi saat memimpin operasi simpatik di sekitaran MTQ Square Kendari, Rabu (17/3).

Saking banyaknya kena sanksi, blanko tilang hampir habis.

“Sekarang, baru beberapa jam sudah 50 kendaraan,” katanya.

Menurutnya, jenis kendaraan roda dua paling mendominasi angka pelanggaran. Kebanyakan, pengemudinya tidak memiliki SIM dan STNK.

“Entah dia ketinggalan atau belum punya,” katanya.

Jika belum punya, imbau dia, masyarakat harus segera mengurus SIM dan STNK. Sebab, kata dia, polisi akan menilang yang bersangkutan bila seluruh surat-suratnya tidak lengkap pada saat berkendara.

“Saya mohon kepada masyarakat untuk patuh,” harapnya.  Operasi simpatik ini berakhir 21 Maret 2016. (r1/c/jie)

Click to comment
To Top