Safei Tak Ingin Ada Kades Terjerat Hukum – Berita Kota Kendari
Government

Safei Tak Ingin Ada Kades Terjerat Hukum

 

Bupati Kolaka H Ahmad Safei memasang tanda pangkat pada 56 Kepala Desa yang dilantik dari hasil pemilihan Kades secara serentak di Kolaka.

Bupati Kolaka H Ahmad Safei memasang tanda pangkat pada 56 Kepala Desa yang dilantik dari hasil pemilihan Kades secara serentak di Kolaka.

KOLAKA, BKK– Bupati Kolaka H Ahmad Safei tidak ingin ada Kepala Desa (Kades) yang terjerat hukum akibat penyalahgunaan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun dana desa.
“?Saya tidak ingin mendengar ada Kades yang terjerat kasus hukum akibat ADD? maupun dana desa,” tegas Ahmad Safei usai melantik 56 Kades definitif, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kolaka, Selasa (16/3).
Dia menjelaskan, saat ini desa-desa di seluruh Indonesia mendapatkan anggaran yang sangat besar. Tahun ini pemerintah Pusat akan menyalurkan dana desa sebesar Rp 61 milyar.
Pemkab Kolaka sendiri menyalurkan ADD sebesar Rp 72 milyar yang dibagi pada 100 desa yang ada di Kolaka. Ini berarti, setiap desa mengelolah dana Rp 1 milyar lebih per tahun.
“Bahkan ada beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang mengelolah anggaran tidak cukup Rp 1 milyar per tahun. Jadi kelola dana ini dengan penuh tanggung jawab,” ungkapnya.
Agar tidak salah langkah, Bupati berharap kepada semua Kades untuk mempelajari dan memahami dengan baik UU tentang Desa, serta Peraturan Desa. Kepala desa jangan sekali-kali melabrak aturan dengan membuat kegiatan yang tidak memiliki payung hukum.
“Yang pertama dilakukan rangkul semua pihak?, termasuk yang tidak mendukung kemarin. Jangan pasang dada karena sudah ada Garuda di dada. Kalau ada motivasi mau jadi Kades karena dana desa besar, harus hati-hati karena itu bukan dana kades, tapi dana untuk pembangunan desa,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala BPMD Kolaka Akbar mengungkapkan, Kades yang dilantik semua merupakan hasil pemilihan secara serentak, termasuk empat desa yang sebelumnya digugat.
“Ada juga desa yang belum berakhir masa jabatannya tapi sudah membuat pernyataan sehingga kita lantik hari ini, termasuk incumbent yang kalah dan tidak lagi menjalankan tugasnya sebagai Kades,” kata Akbar. (cr3/b/aha)

Click to comment
To Top