Polda Terungku Pembeli 71 Potong Kayu Jati Ilegal – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polda Terungku Pembeli 71 Potong Kayu Jati Ilegal

KENDARI, BKK- Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menahan satu tersangka kasus dugaan penyelundupan 71 potong kayu jati di Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Tersangka itu adalah pembeli kayu yang diketahui bernama Doni.

Doni yang kini mendekam di balik jeruji besi Runah Tahanan (Rutan) Polda Sultra, karena salah satu orang yang paling bertanggung kawab dalam kasus tersebut.

Kepala Subbidang (Kasubbid) Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Humas Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh mengatakan, penahanan terhadap Doni suda dilakukan, Selasa (15/3).

Kala itu Doni dipanggil untuk menghadiri panggilan sebagai saksi. Namun, karena penyidik bukti kuat atas keterlibatan Doni, pria asal Moramo Utara ini langsung dinaikan statusnya menjadi tersangka, lalu digelandang ke sel tahan.

Dolfi menambahkan, selanjutnya penyidik akan memanggil pemilik kayu, Budiman, untuk diperiksa sebagai saksi. Hanya saja, penyidik belum bisa memastikan apakah Budiman akan senasib dengan Doni, karena itu akan dipastikan uasai menjalani pemeriksaan.

Kalau Budiman, kita liat saja setelah menjalani pemeriksaan. Dalam waktu dekat ini dia (Budiman, red) akan dipanggil untuk diperiksa,” ujar perwira polisi dengan satu melati di pundak ini.

Kini penyidik sedang menyusun berkas perkara tersangka Doni agar segera dilakukan penyerahan berkas tahap satu ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

Lebih lanjut Dolfi mengatakan, tersangka dijerat pasal 88 ayat (1) huruf b dan c serta pasal 14 huruf b dan c Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kerusakan Hutan, dengan ancaman pidana lima tahun penjara.

Diketahui, petugas Subdirektorat (Subdit) Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polda Sultra berhasil menggagalkan penyelundupan kayu jati illegal sebanyak 71 potong. Kayu tersebut diamankan krena ditebang di kawasan hutan lindung.

Kayu yang berdiameter 60 hingga 70 centimeter (cm) ini diamankan, di Moramo Utara Konawe Selatan, Jumat (12/3) sekitar pukul 09.00 Wita. (r2/d/iis)

Click to comment
To Top