Demo Tolak Pelantikan Plt Sekda Baru – Berita Kota Kendari
Government

Demo Tolak Pelantikan Plt Sekda Baru

WANGGUDU, BKK– Rencana pengangkatan dr Marthaya sebagai pelaksana tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Konawe Utara (Konut) menuai protes. Rabu (16/3) kemarin, belasan warga Konut menyuarakan protesnya melalui aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Konawe Utara.

Dalam aksinya, massa yang menamakan dirinya Konsorsium Pilar Keadilan Masyarakat Konut mengingatkan bupati agar tidak melakukan kegiatan pengukuhan dr Marthaya sebagai Plt Sekda baru menggantikan Ihwan Porosi. Pasalnya, rencana tersebut melanggar aturan yang berlaku.
“Kita minta bupati untuk tidak melakukan pengukuhan Sekda. Kok pelaksana tugas digantikan juga oleh pelaksana tugas. Kenapa tidak menunggu hingga ada pelantikan Sekda definitif. Ini kan mengancam sistem tata birokrasi daerah kita,” kata Ashari yang menjadi salah satu orator dalam unjuk rasa tersebut.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Konut yang menemui para pengunjuk rasa menyangkal adanya pelantikan Plt Sekda. Dia meyakinkan, informasi yang diterima oleh demonstran keliru.
Dia pun menjelaskan, kegiatan yang dipimpin oleh Bupati Konut, H Aswad Sulaiman di aula kantor bukanlah acara pelantikan, melainkan hanya rapat evaluasi dan koordinasi bersama seluruh kepala Dinas, Badan, Kantor lingkup Pemkab Konut. Dia menyebut rapat tersebut merupakan rapat rutin.
“Tidak ada pelantikan Sekda. Memang pernah ada keinginan seperti demikian. Tapi bupati tidak berani ambil resiko. Karena melanggar aturan,” ungkap Kahar.
Aksi protes masyarakat tersebut diduga dipicu oleh terbitnya surat keputusan Gubernur Sultra Nomor 693 tahun 2015 tentang pengangkatan Sekda Konut. Selain menolak rencana pengukuhan plt Sekda baru, massa
juga meminta DPRD setempat untuk menganalisis kebijakan Gubernur Sultra terkait hal tersebut. (k7/b/aha)

To Top