Pilkada Konawe Serentak dengan Pilgub Sultra 2018 – Berita Kota Kendari
Suksesi

Pilkada Konawe Serentak dengan Pilgub Sultra 2018

Unaaha, BKK- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Sarmadan mengatakan, pemiilhan kepala daerah (pilkada) bakal dihelat pada 2018 mendatang, bersamaan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Konawe masuk jadwal gelombang ke tiga, bersama Kota Baubau, Kolaka, dan Provinsi Sultra,” paparnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/3).

Dikatakan, penetapan pilkada disesuaikan dengan masa akhir jabatan. Di Sultra, gelombang pertama sudah dilaksanakan pada 2016 di tujuh kabupaten dan kota.

Gelombang kedua diancang pada 15 Februari 2017, juga mengenai 7 kabupaten dan kota, yakni Kota Kendari, Bombana, Kolut, Mubar, Buteng, Busel, dan Buton.

Menurutnya, tahun ini KPU Konawe mulai melaksanakan persiapan sosialisasi awal berkait akhir masa jabatan kepala daerah.

Kemudian, berkoordinasi dengan pemkab melalui dinas kependudukan dan catatan sipil (didukcapil) untuk meminta data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dan agregat kependudukan.

“Sebagai bahan perencanan penyusunan program dan penganggaran nanti,” jelasnya.

Ia melanjutkan, sejauh ini jumlah daftar peemilih tetap (DPT) sesuai pendataan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 Konawe sekitar 150 ribu wajib pilih. Menurut dia, dimungkinkan relatif berkurang setelah pemisahan daerah otonomi baru (DOB) Konkep. Jumlah DPT di Konkep 24 ribu.

“Untuk jumlah penduduk Konawe sekarang ini sekitar 200 ribu,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk pembentukan badan ad-hoc akan dimulai 2017 mendatang. Perekrutannya secara terbuka berdasarkan petunjuk undang-undang dan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU).

Ditanya soal estimasi awal dana penyelenggaraan pilkada yang akan diusulkan, ia mengatakan, berjumlah Rp 40 miliar. Tahun sebelumnya Rp 12 miliar.

Kata dia, melonjaknya anggaran pilkada karena menyesuaiakn peraturan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang Peningkatan Honorarium Badan ad-hoc. (k1/d/iis)

Click to comment
To Top