Konawe Krisis Penghafal Alquran – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Konawe Krisis Penghafal Alquran

Unaaha, BKK- Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Konawe menyatakan daerah ini sedang krisis kader khusus penghafal Alquran (hafiz).

Berkait kondisi ini, ia memastikan Konawe absen di lomba khusus hafiz pada Musabqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar di Baubau nanti.

“Kita mengandalkan hafiz, tilawah (pembacaan ayat Alquran dengn indah), dan hafalan, termasuk kasidah rabana, dari delapan cabang yang diperlombakan,” terangnya, Selasa (15/3).

“Karena dalam beberapa MTQ kita berhasil menjuarai. Tapi, khusus hafiz 30 jus kita absen karena tidak ada yang dapat mengisi,” jelasnya.

Dikatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini Konawe selalu absen di bidang hafalan Alquran.

“Sebetulnya ada beberapa kader penghafal Alquran kita, hanya saja sudah lewat ketentuan umurnya,” katanya.

Dikatakan, standar ketentuan umur peserta penghafal Quran di bawah 20 tahun ini memang sangat menyulitkan untuk mengisi cabang ini. Karena, papar dia, hampir sebagian besar penghafal Alquran di Konawe di atas usia tersebut.

Meski demikian, pihaknya masih berupaya melakukan pengkaderan. Sayangnya, aku dia, proses kaderisasi untuk melahirkan penghafal Alquraan tidak singkat. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pesantren-pesantren yang ada.

Ia berjanji, paling tidak 2-3 tahun ke depan para penghafal Alquran ini sudah siap untuk ajang MTQ selanjutnya.

“Persiapan kita cukup maksimal dibanding tahun sebelumnya, jadi insya Allah target tahun ini kita bisa juara umum,” paparnya. (k1/d/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top