Bantuan UEP Hidupkan Ekonomi Masyarakat Muna Barat – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Bantuan UEP Hidupkan Ekonomi Masyarakat Muna Barat

LAWORO, BKK– Manfaat program bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, mulai dirasakan dan mendukung pengembangan ekonomi warga di daerah Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara.

“Bantuan UEP dari Kemensos manfaatnya kami sudah rasakan. Dengan adanya bantuan ini usaha saya mengalami peningkatan,” kata Wa Ode Riati (42), warga Desa Ondoke, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, Selasa, seperti dikutip dari AntaraSultra.Com
Dia mengatakan, modal yang diberikan pemerintah lewat UEP sebesar Rp3 juta menghidupkan kembali usaha sembilan bahan pokok (sembako) miliknya dengan meraup keuntungan Rp750 ribu/bulan.
“Alhamdulilah setiap bulan saya bisa dapat keuntungan Rp750 ribu dan saya gunakan untuk kebutuhan sekolah anak-anak serta keperluan rumah tangga sehari-hari,” ujarnya.
Sementara itu, Ronas Parini, tenaga pendamping UEP mengaku sejak bantuan tersebut diberikan langsung oleh penjabat Bupati Muna Barat bulan Januari 2016, dirinya terus memberikan motivasi kepada ratusan penerima manfaat agar dapat mengembangkan usaha sesuai harapan pemerintah.
Tujuan pemerintah memberikan bantuan tersebut yaitu sebagai suntikan modal usaha dengan klasifikasi masyarakat yang berpenghasilan rendah.
“Harapan kami dana itu digunakan sebaik-baiknya,” katanya.
Selaku pendamping, Ronas mengatakan intens melakukan pengecekan dan pemantauan lapangan terhadap masing-masing penerima bantuan. “Setiap bulan kami rutin turun ke lapangan mengecek langsung sejauh mana perkembangan usaha mereka karena bagian dari tanggung jawab kami selaku pendamping,” ucapnya.
Dia berharap, baik pemerintah pusat dan pemerintah setempat secara terus menerus dan berkelanjutan memberikan bantuan UEP ini kepada masyarakat Muna Barat yang belum menerima bantuan tersebut.
Sehingga warga kurang mampu di daerah ini dapat meningkatkan kualitas hidupnya secara merata serta angka kemiskinan dapat semakin berkurang. (ant/aha)

Click to comment
To Top