Anggota DPRD Konut: Bongkar Itu Sawa Beach Resort! – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Anggota DPRD Konut: Bongkar Itu Sawa Beach Resort!

WANGGUDU, BKK- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konut Jefry Prananda SH mengaku terkejut mengetahui fakta bahwa Sawa Beach Resort belum mengantongi satu pun izin dari pemerintah kabupaten (pemkab).

Sawa Beach Resort dibangun di Desa Matanggonawe belum memiliki izin baik itu izin mendirikan bangunan (IMB) maupun izin upaya pengelolaan lingkunga (UKL) dan izin upaya pemantauan lingkungan (UPL).  Padahal, resort ini sudah berdiri kokoh dan bahkan sudah beroperasi pula.

Jefry Prananda menegaskan, dalam waktu dekat dewan bakal memanggil pihak manajemen rosor untuk dimintai keterangan berkait semua kewajiban perizinan yang belum mereka selesaikan.

Menurut Jefri, sebelum pembangunan dilakukan, pihak pengelola mestinya menyelesaikan segala urusan perizinan terlebih dahulu.

“Sebelum pemanggilan, kita dari dewan akan melakukan peninjauan lokasi terlebih dahulu, untuk mempertanyakan perizinan,” terangnya, Selasa (15/3).

“Karena ini juga merupakan salah satu bentuk pengawasan dewan terhadap produk hukum yang telah dibuat. Masalah IMB dan izin lainnya itu wajib hukumnya. Jadi, harus segera dituntaskan.”

Pernyataan keras terbit dari anggota DPRD asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Taslim Sauala.

Wakil Ketua Komisi B ini mendesak Pemkab Konut melakukan pembongkaran bangunan yang berdiri ilegal tersebut.

“Ini jelas sudah melanggar Perda Nomor 7 Tahun 2012 tentang IMB. Sanksi jelas, harus ada pembongkaran paksa dari pemerintah daerah. Kalau memang pihak pemilik resor tidak kooperatif melakukan pengurusan perizinan yang dipersyaratkan,” tegas Taslim.

Menurut anggota dewan dua periode ini, Pemkab Konut harus lebih tegas menanggapi perihal ini. Apalagi, lanjut dia, masalah perizinan sudah dituangkan dalam sebuah payung hukum berupa peraturan daerah (perda).

“Kalau usaha ilegal ini tetap dibiarkan berjalan, sama halnya wibawa pemerintah daerah khususnya perda yang telah ditetapkan dianggap sebelah mata. Makanya, instansi terkait harus bertindak cepat melakukan pemeriksaan dokumen perizinan Sawa Beach Resort,” ucapnya. (k7/c/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top