HUT Sultra, Rp 1 M akan Dihabiskan dalam 15 Menit – Berita Kota Kendari
Aneka

HUT Sultra, Rp 1 M akan Dihabiskan dalam 15 Menit

KENDARI, BKK– Pemerintah Provinsi Sultra benar-benar ingin membuat Hari Ulang Tahun ke-52 Sulawesi Tenggara berlangsung semeriah dan sespesial mungkin. Pesta kembang api megah pun disiapkan.

Untuk pengadaan pesta kembang api ini pun anggarannya tak tanggung-tanggung. Pemprov akan menggelontorkan anggaran sampai Rp 1 miliar. Dana fantastis tersebut diharapkan akan menciptakan pesta angkasa selama 15 menit dengan hitungan 13.000 ledakan cahaya.
Gubernur Sultra Nur Alam dalam memimpin rapat kesiapan Halo Sultra mengatakan, ratusan kembang api tersebut akan diledakkan di tengah laut, tepatnya di Teluk Kolaka. “Ini yang paling asyik nonton orang di kebun apalagi di atas gunung. Orang yang punya tele tinggal sorot,” kata Nur Alam di Kantor Gubernur Sultra, Senin (15/3).
Selain menyiapkan 1 miliar untuk pesta kembang api, Pemprov juga menyiapkan Rp 5 miliar untuk keperluan lainnya. Diantaranya demonstrasi pesawat Sukhoi dan 60 penerjun. Menurut dia, meski biayanya cukup mahal, parade pesawat tempur tetap akan dihadirkan di Halo Sultra di Kolaka.
“Saya sudah sampaikan ke pusat tentang demonstrasi Sukhoi. Kalau tidak jatuh pesawat Jupiter kemarin, itu yang akan kita pakai parade nanti,” jelasnya.
Pada saat HUT Sultra di Kolaka nanti, Nur Alam memprediksi yang hadir bisa sampai 200.000 orang. Sudah pasti, mereka datang dengan memakai kendaraan sendiri-sendiri. Untuk itu, Nur Alam berpesan kepada Bupati Kolaka Sjafei untuk mengupayakan lahan parkir yang luas.
“Belum lagi masyarakat di Kolaka. Sudah pasti akan turun. Seluruh pemerintah kabupaten atau kota se-Sultra pasti akan masuk Kolaka. Ini harus perhitungan kita,” pesannya.
Meski biaya yang dikeluarkan terbilang besar, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyebut setiap pelaksanaan HUT Sultra selalu menguntungkan secara ekonomi bagi daerah yang menjadi tuan rumah. Dia mencontohkan, dalam pesta HUT Sultra Muna beberapa tahun lalu, pemerintah hanya mengeluarkan biaya Rp 5 miliar. Namun, multiplayer effect yang dihasilkan jauh lebih besar. Informasi yang dia peroleh, dalam rangkaian HUT Sultra itu, perputaran uang di sana mencapai Rp 60 miliar.
“Setelah Halo Sultra di Muna, saya minta kepada Bank Indonesia untuk melakukan perhitungan jumlah peredaran uang. Ternyata, uang yang beredar mencapai Rp 60 sampai Rp 70 miliar. Kita hanya keluarkan uang sedikit, tapi keuntungan bagi masyarakat banyak,” jelasnya.
Di tempat yang sama, Bupati Kolaka Ahmad Sjafei mengaku sudah melakukan persiapan jelang HUT Sultra. Kata dia, jalan yang menjadi rute pelaksanaan kegiatan tengah diperlebar.
“Kita jadikan dua jalur. Sekarang sedang berlangsung pengerjaannya,” jelasnya.
Untuk fasilitas parkiran, sebut dia, Pemkab Kolaka telah menyiapkan lahan sekitar lima hektare yang diperkirakan bisa menampung ribuan kendaraan roda dua dan empat.
“Lahannya kita siapkan di sekitar pelaksanaan HUT Sultra,” ujarnya.
Selain itu, Pemkab Kolaka telah menyiapkan rumah warga sebagai penginapan tamu peserta HUT Sultra.
“Kita siapkan gratis, kecuali hotel dan rumah kos karena itu menyangkut bisnis,” tuturnya. (r1/b/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top