Sudah Mau Porprov Lagi, Bonus Atlet Belum Juga Dibayarkan, Ngerinyami! – Berita Kota Kendari
Aneka

Sudah Mau Porprov Lagi, Bonus Atlet Belum Juga Dibayarkan, Ngerinyami!

WANGGUDU, BKK- Bonus para atlet Kabupaten Konawe Utara (Konut) peraih medali perak dan perunggu di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2014 yang dihelat di kabupaten Buton Utara (Butur) belum dibayarkan sampai kini.

Konon, bonus yang dijanjikan Bupati Aswad Sulaiman sudah dianggarkan pada 2015 lalu.

Janji bonus ini diumumkan saat pelepasan atlet Konut menuju Butur, dan berlaku hanya untuk para peraih medali.

Medali emas dihargai Rp 10 juta, perak dan perunggu masing-masing Rp 7 juta dan Rp 5 juta.

Bupati Aswad Sulaiman sendiri yang menyatakan janji bonus itu, di hadapan para atlet serta oficial. Dijanjikan pula, penyerahannya bakal dibayarkan di tempat, berupa uang tunai.

Jelang dua tahun sejak pulang bawa medali dan mengharumkan Konut di Porprov 2014, para atlet peraih medali emas cukup beruntung, karena sudah lebih dulu diberikan.

“Kita dijanji-janji terus sama Pak Kadispora. Sekarang sudah memasuki dua tahun. Tapi kita belum juga dibayarkan. Tanda-tanda dibayarkan saja belum ada. Kalau kita pertanyakan, selalunya dibilang sabar,” curhat salah satu atlet Karate peraih medali perak, Hasadi, Rabu (9/3).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Konut Nasruddin sebagai instansi teknis, kata dia, belum memberikan kepastian.

Bahkan, sambung dia, beberapa atlet mengaku sudah geram dengan perilaku Sekretaris KONI Konut tersebut.

Pada 2015 lalu, para atlet diberi harapan bahwa bonus dibayar pada Maret.

“Namun hingga kini, hal itu belum juga terealisasi,” geramnya.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konut, Samir SIp ditanya soal ini mengungkapkan, dana untuk pembayaran bonus atlet yang tertunda sudah dianggarkan tahun ini.

Jadi, menurut dia, tidak ada alasan Kadispora untuk tidak membayarkan hak para atlet.

“Jumlahnya tidak terlalu besar. Anggarannya tidak mencapai Rp 100 juta. Saya minta Kadispora agar segera membayarkan bonus itu karena ini menyangkut wibawa daerah. Tolong serius, jangan menyepelekan masalah ini,” pinta Ketua Komisi C ini.

Sementara itu, Kadisporas Nasruddin yang berusaha dikonfirmasi melalui telepon seluler (ponsel), tidak terhubung. (k7/b/iis)

To Top