Ombudsman Butuh Dukungan Masyarakat – Berita Kota Kendari
Beranda

Ombudsman Butuh Dukungan Masyarakat

KENDARI, BKK – Kehadiran Ombudsman di republik ini, harusnya menjadi angin segar bagi masyarakat. Sebab, lembaga pengawas pelayanan publik ini sengaja dihadirkan sebagai wadah pengaduan bagi masyarakat.

Hal ini terungkap dalam diskusi “Cofee Morning Ombudsman Mendengar” yang berlangsung di Kopi Kita, Selasa (8/3). Dalam kegiatan ini, dihadiri langsung oleh pimpinan Ombudsman RI La Ode Ida dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Amirul Tamim.

Menurut La Ode Ida, lahirnya Ombudsman merupakan cikal bakal dan harapan terhadap reformasi. Menurutnya, sebelum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) muncul, Ombudsman lebih duluan dibentuk untuk mengawasi dan menegur para pelayan publik yang mengabaikan kepentingan masyarakat.

“Semua kalangan, masyarakat, mahasiswa dan lembaga pelayan publik harus bersama-sama mendukung kerja-kerja Ombudsman. Sebab, lahirnya lembaga ini merupakan salah satu amanah reformasi,” terang La Ode Ida dalam acara Ombudsman Mendegar.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ini menambahkan, tugas Ombudsman memastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh lembaga pelayan publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

“Dalam hal laporan, Ombudsman tidak menjadi kuasa hukum pengadu. Tetapi, ingin memastikan aduan itu benar atau tidak kepada yang diadukan. Kita pastikan, Ombudsman berlaku independen dalam hal kasus apa pun,” tuturnya.

Di tempat yang sama, anggota Komisi II DPR RI Amirul Tamim menilai, Ombudsman harus dikuatkan. Penguatan itu, sebut dia, harus datang dari masyarakat.

“Hadirnya Ombudsman karena masyarakat. Untuk itu, kami di DPR sangat mendukung kerja Ombudsman dalam mengawasi pelayanan publik,” jelasnya.

Meski begitu, masih banyak masyarakat yang belum tahu seperti apa Ombudsman itu. Bahkan, dalam forum tersebut masih ada peserta yang menanyakan mekanisme dan bentuk kerja Ombudsman.

Untuk memasifkan nama Ombudsman di masyarakat, La Ode Ida akan gencar melakukan sosialisasi bersama masyarakat, kampus dan lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun ini, Komandan Resor Militer (Danrem) 143 Haluoleo Kolonel CZI Rido Hermawan telah siap memfasilitasi kegiatan sosialisasi Ombudsman. (r1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top