Golkar Kolut Buka Penjaringan Pilkada Hari Ini – Berita Kota Kendari
Suksesi

Golkar Kolut Buka Penjaringan Pilkada Hari Ini

LASUSUA, BKK- Hari ini, Partai Golkar Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) resmi membuka penjaringan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati untuk Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Kolut Kanna SH MH akhir pekan lalu mengungkapkan, pengambilan formulir pendaftaran akan dilaksanakan pada 7-13 Maret, sementara pengembalian formulir akan diberikan waktu dari 14-20 Maret, di sekretariat DPD.

“Dalam proses penjaringan balon di tingkat DPD ini, para pengurus di tingkat kelurahan sampai kecamatan kami beri kewenangan untuk mengusulkan balon ke kami,” jelasnya.

Menurutnya, dalam proses penjaringan ini pihaknya hanya sebatas menguji syarat administrasi.

“Jadi berapa pun nanti figur yang mendaftar di kabupaten, itu akan kami dorong ke provinsi. Selanjutnya, provinsi yang memiliki kewenangan untuk mendorong tiga sampai lima nama figur ke pusat. Jadi, DDP-lah yang kemudian akan menentukan siapa figur yang akan disusung nanti,” paparnya.

Dijelaskannya, sebagai partai moderen, Golkar akan tetap mengedepankan hasil survei, di samping melihat peluang menang dari masing-masing figur, termasuk kemampuan finansial dari masing-masing figur.

“Jadi, tidak cukup hanya dengan hasil survei saja. Dukungan finansial juga tentu harus dimiliki, sebab tanpa itu, segala sesuatunya tidak akan bisa dilakukan,” kata Kanna sambil senyum dikulum.

Dia menambahkan, dalam mekanisme survei, partai Golkar akan menurunkan lembaga survei tersendiri.

“Karena, kalau masing-masing figur menyurvei diri mereka sendiri, hasilnya tentu akan memenangkan dirinya sendiri.

“Ini tentu akan menimbulkan keraguan. Tapi kalau partai yang melakukan survei, tidak mungkin ada rekayasa, karena partai tentu berpikir bagaimana untuk merebut kekuasaan di Kolut ini,” tandasnya. (k6/e/iis)

To Top