Bupati Konut Dilantik Akhir Maret Ini – Berita Kota Kendari
Suksesi

Bupati Konut Dilantik Akhir Maret Ini

KENDARI, BKK- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara (Konut) terpilih rencananya akan dilaksanakan akhir Maret 2016 ini.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Konut terpilih Raup, saat ditemui di Hotel Clarion Kendari, Sabtu (5/3).

Menurut dia, berdasarkan Surat Edaran (SE) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), akhir masa jabatan (AMJ) Bupati Konut April 2016.

“Kemungkinan akan ditarik pada Maret ini dilantik,” terangnya.

Meski begitu, Raup mengaku, soal pelantikan adalah kewenangan Mendagri. Pasangan dengan akronim Konasara ini tinggal menunggu surat resmi dari Menteri Tjahyo Kumolo.

“Kita menunggu saja keputusan dari pusat. Kita juga belum pastikan kapan. Tapi sesuai surat edaran, (pelantikan, red) akan ditarik akhir Maret ini. Tapi sekarang lagi proses, kita serahkan di pusat,” paparnya.

Wakil dari Ruksamin ini mengaku, sudah bertemu dengan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam berkait pelantikan. Rencananya, lanjut dia, pengambilan sumpah mereka akan dilaksanakan di Kabupaten Konut.

“Kita sudah konsultasi dengan Pak Gubernur, insya Allah akan dilantik di Konut nanti,” tuturnya.

Terpilihnya pasangan Konasara ini, merupakan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 serentak. Selain Konut, ada enam daerah lainnya yang ikut dalam pesta demokrasi gelombang pertama itu.

Yakni, Wakatobi, Muna, Buton Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan dan Kolaka Timur.

Dari enam daerah plus Konut, baru empat daerah yang dilantik. Yakni, Butur, Koltim dan Konkep dilantik langsung oleh Gubernur Sultra Nur Alam. Sedangkan Konsel dilantik sendiri oleh Mendagri.

Saat ini, tinggal Konut, Wakatobi dan Muna. Wakatobi sendiri, AMJ bupatinya 26 Juni 2016. Sedangkan Konut 8 April 2016. Khusus Muna, saat ini belum ada hasil resmi pilkadanya karena masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi. (r1/d/iis)

To Top