Pelayaran Kolaka-Siwa Dibuka Kembali – Berita Kota Kendari
Headline

Pelayaran Kolaka-Siwa Dibuka Kembali

kapal

KOLAKA, BKK- Setelah sempat ditutup pascamusibah tenggelamnya KM Marina Baru 2B yang menewaskan lebih dari 100 orang, pelayaran Kolaka-Siwa kembali dibuka pada Kamis (3/3).

Bupati Kolaka H Ahmad Safei telah meresmikan pelayaran perdana KMP Simba I menggantikan KM Marina.

Muh Saleh, mewakili Direktur PT Aksar Syaputra Line, KMP Simba I ini memiliki panjang 63 meter dan lebar 8 meter, dengan kapasitas penumpang hingga 4500 orang, kendaraan roda dua hingga 200 unit.

Kapal ini akan berlayar selama lima jam dari dan sampai tujuan. Sebelumnya, kapal pernah berlayar dengan rute Kendari-Raha.

“Untuk bulan Maret ini, rute dari Kolaka tanggal ganjil, dan dari Siwa tanggal genap. Dari Kolaka berlayar mulai pukul 11.00 Wita, harga tiket Rp 195 ribu,” terang Saleh.

Sementara itu, Bupati Kolaka mengatakan, belum hilang dari ingatan peristiwa di Teluk Bone atas musibah tenggelamnya KM Marina pada Desember 2015 yang menelan seratus lebih korban, di mana 80 persenya adalah warga Kolaka,” ujarnya.

“Ini menjadi introspeksi kenapa itu bisa terjadi, meski disadari itu merupakan musibah yang tidak bisa dihindari.”

Kehadiran kapal baru ini diharap bisa menjawab persoalan, sebab kapal ini lima kali lipat besarnya dari kapal super cepat yang pernah melayani Kolaka-Siwa.

Kehadiran transportasi laut Kolaka-Siwa sangat dibutuhkan masyarakat dalam mempercepat perjalanan ke Sulawesi Selatan (Sulsel), apalagi sebagian besar warga Kolaka berasal dari Sulsel.

Safei berharap, masyarakat bisa menggunakan kapal ini dengan baik.

“Begitupun pihak perusahaan supaya memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat.” (cr3/d/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top