Pencoblosan PSU Muna 22 Maret – Berita Kota Kendari
Headline

Pencoblosan PSU Muna 22 Maret

Amin Rambega

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna telah menetapkan jadwal pemungutan suara ulang (PSU) pada 22 Maret 2016.

Ketua KPU Kabupaten Muna LM Amin Rambega mengatakan, pihaknya sudah melakukan pleno penetapan hari H pelaksanaan PSU, Selasa (1/3) di gedung KPU Muna.

“Kita sudah sepakati bahwa 22 Maret 2016 hari H PSU pemilihan kepala daerah (pilkada) Muna,” terang Amin kepada Berita Kota Kendari melalui telepon selulernya.

Selain menetapkan waktu PSU, KPU Muna ikut menetapkan jadwal tahapan lainnya seperti pembentukan badan addhock dan sosialisasi pelaksanaan PSU. Untuk badan addhock sendiri, mulai dibentuk 2 sampai 12 Maret 2016.

“Dalam waktu dekat, kita juga akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat, pasangan calon dan partai politik tentang pelaksanaan PSU ini,” ujarnya.

Menyangkut kesiapan anggaran, Amin mengaku sudah tidak ada masalah lagi. Honor penyelenggara maupun kesiapan pengadaan logistik sudah aman. KPU Muna masih memiliki sisa anggaran penyelenggaraan pilkada 2015 kemarin.

“Anggaran tidak ada masalah. Sekarang, kita tinggal mempersiapkan seluruh kebutuhan PSU nanti,” katanya.

Sama halnya dengan logistik. Menurut dia, masih ada sisa surat suara yang belum digunakan pada saat 9 Desember 2015 kemarin. Selain itu, surat suara tambahan sekitar 2 ribu lembar masih lengkap khusus untuk PSU.

“Memang, untuk PSU sudah disiapkan. Selain itu, masih ada surat suara sisa pilkada kemarin. Jadi, sekarang aman,” paparnya.

Khusus formulir, lanjut dia, perlu dicetak ulang karena tidak ada lagi sisanya. Menurutnya, pencetakkan formulir ini tidak membutuhkan waktu lama.

“Secepatnya kita adakan,” tuturnya.

PSU di Pilkada Muna, merupakan hasil putusan sela dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian gugatan dari pasangan LM Rusman Emba-Malik Ditu atas keputusan KPU menetapkan calon dengan perolehan suara terbanyak adalah pasangan LM Baharuddin-La Pili.

Tiga TPS yang akan dilaksanakan PSU adalah TPS 1 Desa Marobo Kecamatan Marobo, TPS 4 Kelurahan Raha 1 Kecamatan Katobu dan TPS 4 Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu Kabupaten Muna.

Dari putusan sela ini, KPU Muna diminta selama 30 hari untuk menyelenggarakan PSU. Satu minggu setelah dilaksanakannya PSU, KPU Muna wajib melaporkan hasilnya ke MK untuk diputuskan kembali. (r1)

Click to comment
To Top