Imigrasi Deportasi Empat WNA – Berita Kota Kendari
Beranda

Imigrasi Deportasi Empat WNA

Empat WNA asal China masing-masing, Junjie Tang, Chunqiang Jia, Ertong Wang, dan Guang Yang, saat akan dideportasi Kantor Imigrasi melalui Bandara Haluo Oleo Kendari, Rabu (2/3). (foto : Rudinan/BKK).

Empat WNA asal China masing-masing, Junjie Tang, Chunqiang Jia, Ertong Wang, dan Guang Yang, saat akan dideportasi Kantor Imigrasi melalui Bandara Haluo Oleo Kendari, Rabu (2/3). (foto : Rudinan/BKK).

KENDARI, BKK – Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Rabu (2/3), kembali mendeportasi empat Warga Negara Asing (WNA) asal China yang ditangkap di Konawe Selatan (Konsel).

“Hari ini kami melakukan deportasi kepada empat WNA asal China, dan langsung kami terbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat Lion Air, dan kami akan melakukan pencekalan terhadap WNA tersebut,” ungkap Kepala Subseksi (Kasubsi) Penindakan Keimigrasian, Rusfian Efendi, saat ditemui di Bandara Halu Oleo Kendari dalam rangka deportasi empat WNA tersebut.

Menurut dia, pihak Imigrasi Kendari mendeportasi empat WNA asal negara Tirai Bambu tersebut lantaran tidak memiliki kelengkapan berkas seperti paspor saat berada di daerah tujuan.

“Setelah melakukan pengecekan kepada orang asing ini, kami menemukan ada empat orang asing dengan tujuan ingin melakukan survey lokasi yang tadinya ingin melakukan investasi, namun setelah kami cek tidak memiliki dokumen kelengkapan, dan visa mereka itu menggunakan visa kunjungan,” tambahnya.

Masih kata Rusfian, ke empat WNA tersebut berada di Konsel sejak Minggu (21/2) namun diketahui keberadaannya dan dilakukan penangkapan pada Sabtu (28/2).

“Kami melakukan penangkapan itu tiga hari yang lalu, setelah kami cek ke empat WNA ini sedang berada di salah satu rumah warga di Konsel, kemudian kami langsung bawa ke Kantor Imigrasi untuk dilakukan pemeriksaan, dan kami langsung memprosesnya,” terangnya.

lanjut Rusfian, sesuai dengan undang-undang keimigrasian pada pasal 116 orang asing tidak bisa memperlihatkan dokumen pada saat pemeriksaan dari pihak imigrasi terhadap pengawasan orang asing maka pihaknya akan melakukan deportase bahkan sampai pencekalan kepada WNA tersebut. (p5/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top