70 Persen Warga Bombana Masih Suka Tafdil – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

70 Persen Warga Bombana Masih Suka Tafdil

SURVEI JSI
ok ft survey tafdil

RUMBIA, BKK- Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil surveinya. Walhasil, 70 persen warga di Kabupaten Bombana masih menyukai Bupati Bombana, Tafdil.

Hasil survei tersebut pun menempatkan Tafdil sebagai bakal calon Bupati Bombana untuk periode 2017-2022, yang paling kuat. Pernyataan ini disampaikan Wakil Direktur JSI, Popon Lingga Geni saat memaparkan hasil surveinya di salah satu Hotel yang ada di Rumbia Ibukota Kabupaten Bombana, Rabu (2/3).

Menurut dia, dari sepuluh nama kandidat Bakal Calon (Balon) yang disodorkan kepada masyarakat, H Tafdil memiliki responden paling tinggi dengan capaian angka 70,46 persen.

Menyusul Kasra Jaru Munara, putra Bombana yang berprofesi sebagai pengusaha di negara Singapura, dengan nilai 10,00 persen. Diposisi ketiga, ada Wakil Bupati Bombana Ir Hj Masyhura dengan persentase 5,68 persen dukungan.

Untuk posisi keempat ditempati oleh dua figur yakni ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Bombana, Ahmad

Mujahid dan ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Bombana, Sahrun Gaus.

“Kedua politisi ini, sama-sama mengantongi dukungan responden sebanyak 3,19 Persen,” ungkap, Popon.

Sementara, empat kandidat yang dinilai masih rendah elektabilitasnya lanjut Popon adalah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana Andi Firman dengan persentase responden sebesar 0,19 persen.

Menyusul Sekda Bombana H Burhanuddin HS Noy bersama dua kandidat lainnya, yakni anggota DPRD Provinsi Sultra, Syafruddin dan anggota DPRD Bombana Abdul Jalil yang sama-sama hanya mengantongi persentase 0,46 persen.

Menurut Popon, survei tersebut dilakukan di tiga zona yakni Daerah Pemilihan (Dapil) Rumbia, Kabaena, serta Dapil Poleang. “Kami kumpulkan data sejak 18 sampai 24 Februari 2016 lalu di Bombana dengan menggunakan teknik sampling (Multistage Random sampling) dengan margin of error sebesar 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen,” katanya.

Dia menambahkan, jumlah responden yang dikunjungi JSI berjumlah 440 responden yang dilakukan dengan tatap muka langsung serta menyodorkan kuesioner kepada masyarakat.

Selain menjanjaki peluang Balon Bupati, lanjut Popon, JSI juga ikut mensurvei delapan nama yang kemungkinan bisa dipasang sebagai Balon wakil Bupati Bombana. Mereka adalah, Hj Mashura ila ladamay dengan reponden sebesar 41,59 persen, menyusul Sahrun Gaus 13, 41 persen dan Kasra Jaru Munara 11,59 persen.

Selanjutnya, Andi firman 6,36 persen, Syafruddin 5,45 persen, H Burhanuddin A HS Noy 4,77 persen, Ahmad Mujahid 4,55 persen, serta Abdul Jalil yang menempati posisi terendah dengan persentase yang hanya mencapai 1,59 persen. (cr2/aha).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top