Baguna PDIP Sultra Terbentuk – Berita Kota Kendari
Beranda

Baguna PDIP Sultra Terbentuk

Suasana pelantikan pengurus Baguna PDIP Sultra poeriode 2015-2020 oleh Wakil Kepala Baguna PDIP Pusat Mochtar Muhammad, di Grand Clarion Hotel, Jumat (26/02). (FOTO:IST)

Suasana pelantikan pengurus Baguna PDIP Sultra poeriode 2015-2020 oleh Wakil Kepala Baguna PDIP Pusat Mochtar Muhammad, di Grand Clarion Hotel, Jumat (26/02). (FOTO:IST)

KENDARI, BKK – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara, Jumat (26/02), resmi terbentuk, ditandai dengan pelantikan 30 pengurus di Grand Clarion Hotel Kendari oleh Wakil Kepala Baguna PDIP Pusat Mochtar Muhammad didampingi pengurus Baguna PDIP Pusat La Ode Ota.

Dalam sambutannya, Mochtar Muhammad, menjelaskan, pembentukan Baguna PDIP Sultra sebagai bentuk tindak lanjut hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta beberapa waktu lalu, dimana partai memberi instruksi pembentukan Baguna di daerah. Struktur organisasi Baguna, kata mantan Wali Kota Bekasi dua periode ini, tidak hanya sampai tingkat provinsi, tapi juga harus sampai ke kabupaten/kota.

Karena itu, M Two – sapaan Mochtar Muhammad – mengharapkan agar setelah terbentuknya Baguna PDIP Sultra, menyusul segera terbentuknya Baguna kabupaten/kota se-Sultra.

“Sebagai komitmen kerja partai, DPP akan selesaikan pembentukan badan hingga tingkat daerah pada Maret tahun 2016 ini. Salah satunya Baguna, yang harus betul-betul kita jadikan sebagai mesin optimalisasi partai. Sebagai wajah partai dalam hal perjuangan kemanusiaan,” kata M Two.

Pada kesempatan itu, M Two menyampaikan, Baguna tidak hanya bertanggung jawab dalam pencegahan dan penanggulangan bencana alam, tetapi juga harus terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusian. “Bahkan Baguna harus siap menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana politik,” guyon M Two yang tercatat pernah menjadi Ketua Umum Relawan Laskar Jokowi.

Mantan Ketua Deklarasi Pasangan Calon Presiden/Calon Wakil Presiden Megawati-Prabowo ini menambahkan, dalam rangka mendukung kerja-kerja Baguna di Sultra, Baguna PDIP Pusat akan menurunkan beberapa unit kendaraan Ambulans. Ia pun berpesan kepada kader-kader PDIP di daerah ini, terutama yang sementara duduk di legislatif untuk memberikan sumbangsih pemikiran ataupun dukungan moral dan penguatan terhadap Baguna dalam menjalankan peran lembaga.

Sementara itu, Kepala Baguna PDIP Sultra, La Ode Umar Bonte, menyatakan siap melaksanakan amanah yang telah diberikan. Pada prinsipnya, kata Umar Bonte, Baguna merupakan wajah partai di tengah rakyat.

“Dikala perjuangan di tengah rakyat saat ini mulai terkikis, justru itu tidak berlaku PDI Perjuangan. Kita tetap konsisten untuk tertawa dan menangis bersama rakyat,” ujarnya.

Menurutnya, pembentukan Baguna ini untuk mengantisipasi terjadinya berbagai bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan. “Setelah ini (pelantikan,red), Baguna harus sudah terbentuk di semua DPC PDI Perjuangan se-Sultra,” kata anggota DPRD Kota Kendari ini.

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Halu Oleo ini menambahkan, sebagai partai pemerintah, PDI Perjuangan harus lebih bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Alat yang bisa bersentuhan langsung dengan rakyat, salah satunya Baguna.

“Baguna siap beraktivitas sosial dengan menggelar pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Juga membantu korban bencana langsung di daerah bencana,” tutupnya. (m2/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top