Antisipasi Pemilih Siluman – Berita Kota Kendari
Headline

Antisipasi Pemilih Siluman

Pada pelaksanaan PSU nanti, KPU Kabupaten Muna akan kembali menyisir pemilih yang masuk dalam DPT, DPTB1 dan DPTB2. Hal ini, untuk mengantisipasi adanya pemilih siluman mencoblos di tiga TPS tersebut.

Menurut Ketua KPU Muna LM Amin Rambega, setiap TPS memiliki formulir C7 atau daftar pemilih masyarakat yang telah menyalurkan hak suaranya di pilkada 9 Desember 2015. Nama-nama itu, sebut dia, akan dicek kembali.

Amin menengaskan, KPU tidak akan mengikutkan warga yang sudah mencoblos di TPS lain walaupun namanya terdaftar di TPS yang menggelar PSU.

“Apakah sudah memilih di TPS lain atau tidak. Contohnya, kemarin ada warga yang namanya terdaftar di TPS 4 Wamponiki, tapi sudah mencoblos di TPS lainnya di kelurahan itu. Kita tidak akan ikutkan,” paparnya.

Adanya prediksi mobilisasi pemilih di luar TPS tersebut, KPU meminta dukungan semua pihak. Namun, ia memastikan, KPU tidak akan membiarkan adanya warga yang mencoba merusak proses demokrasi itu.

“Makanya, kita akan kembali sisir kutu seluruh C7 yang ada. Pemilih yang menggunakan KTP, harus dari KTP di situ,” tekannya.

Berkait dengan surat keterangan domisili, KPU akan membicarakan kembali dengan pemerintah. Sebab, bisa saja ada warga yang belum masuk dalam DPT tetapi merupakan warga di TPS tersebut.
“Yang jelas, yang boleh memilih hanya yang masuk dalam DPT, DPTB1 dan DPTB2,” tuturnya. (r1/aha)

Click to comment
To Top