Dharmayukti Karini Sultra Gelar Musda V – Berita Kota Kendari
Beranda

Dharmayukti Karini Sultra Gelar Musda V

Suasana Musda pengurus Dharmayukti Karini Sulawesi Tenggara periode 2015-2018, di aula Pengadilan Tinggi Sultra, Kamis (25/2). (Foto: Awal/bkk)

Suasana Musda pengurus Dharmayukti Karini Sulawesi Tenggara periode 2015-2018, di aula Pengadilan Tinggi Sultra, Kamis (25/2). (Foto: Awal/bkk)

KENDARI, BKK – Pengurus Dharmayukti Karini Sulawesi Tenggara periode 2015-2018 menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V tahun 2016 di aula Pengadilan Tinggi Sultra, Kamis (25/2).

Acara tersebut bertujuan membahas dan merumuskan program kerja Dharmayukti Karini Sultra. Acara tersebut dihadiri oleh pengurus Dharmayukti di 8 cabang di kabupaten dan kota yang ada di Sultra.

Ketua Dharmayukti Karini Sultra, Rahayu Sendiwati Suripto mengatakan, visi dari organisasi tersebut adalah sebagai wadah komunikasi dan persatuan. Dimana, organisasi ini diharapakan dapat menjadi persatuan ibu-ibu di Mahkamah Agung RI dan seluruh badan peradilan di bawahnya.

“Dharmayukti Karini ini bisa dibilang semacam organisasi Dharma wanita atau PKK. Ketuanya adalah jabatan otomatis (Ex-Officio). Kebetulan saya sendiri adalah istri dari ketua pengadilan tinggi Sultra,” katanya saat ditemui di Kantor Pengadilan Tinggi Sultra, Kamis (25/2).

Organisasi ini tambah dia, berguna untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan keluarga besar dan warga badan-badan peradilan yakni pengadilan agama, pengadilan militer, Pengadilan Tata Usaha Negara, dan Imigrasi.

Lanjut dia, dalam Musda tersebut ada tiga rapat pleno yang dilakukan. Rapat pleno pertama yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara membahas tentang kelengkapan sidang yang akan berlangsung. Seperti, jumlah peserta dan pengesahan quorum dan tata tertib. Selain itu, juga melakukan pemilihan pimpinan sidang untuk memimpin sidang komisi.

Setelah itu, ada tiga komisi yang dibentuk dan masing-masing komisi kemudian diberi waktu 15 menit untuk membicarakan program kerjanya masing-masing.

“Kita kejar waktu sampai jam 12 siang Musda ini harus selesai. Jadi kita lakukan efektif dan efisien mungkin. Di pleno satu tadi kita cuma bahas kelengkapan sidang sama laporan pertanggung jawaban pimpinan Dharmayukti Karini periode sebelumnya,” tambahnya.

Pada sidang pleno kedua, mengagendakan penyampaian perumusan masing-masing komisi. Kemudian hasil sidang komisi diberikan kepada pimpinan sidang untuk diserahkan kepada tim perumus. Pleno ketiga, para tim perumus menyampaikan hasil Musda V Dharmayukti Karini Sultra untuk disahkan pimpinan sidang pleno. Lalu, diserahkan lagi kepada ketua Dharmayukti Karini Sultra.

Rahayu Sendiwati Suripto dalam kesempatan ini menegaskan, dibawah kepemimpinannya organisasi ini akan dibuat lebih mandiri dan lebih baik lagi.

“Kita ini sekarang sudah mandiri, namun tetap dibawah naungan MA. Anggaran organisasi ini agar dapat berjalan itu kita lakukan secara mandiri. Ada usaha yang kita buat kaitannya dengan ekonomi kreatif.
Salah satu dari sekian program yang dilakukan oleh organisasi ini kata dia, yakni memberikan bantuan beasiswa bagi anggotanya. (p3/jie)

Click to comment
To Top