Pedagang Pasar Panjang Direlokasi Usai Lebaran – Berita Kota Kendari
Beranda

Pedagang Pasar Panjang Direlokasi Usai Lebaran

Pasar PanjangKENDARI, BKK – Pemerintah Kota Kendari mulai memikirkan upaya relokasi (pemindahan tempat) para pedagang Pasar Panjang ke Pasar Wuawua yang pembangunannya saat ini masuk tahap perampungan.

Wali Kota Kendari Asrun mengatakan, para pedagang korban kebakaran tersebut kemungkinannya akan dipindahkan usai lebaran Idulfitri tahun 2016 ini. Selain itu, kata dia, pihaknya juga sedang memikirkan solusi terhadap para pedagang pasar panjang yang tidak terdaftar memiliki kios di Pasar Wuawua.

“Tetap harus kita pikirkan, mereka kan warga kota juga. Kalau sebagian kan memang mantan pedagang pasar baru yang tinggal tunggu waktu kembali kesana,” katanya saat ditemui di Rujab Wali Kota Kendari, Selasa (23/2).

Hal ini dilakukan kata Asrun, mengingat kecil kemungkinan untuk mempermanenkan pasar panjang. Maka pihaknya akan kembali melihat peta penataan kota agar dapat memikirkan solusi masalah tersebut.

“Nanti kita lihat sisanya itu mau dikemanakan. Karena disitu tanahnya orang, bukan punya kita. Belum ada bayangan untuk saat ini, makanya akan kita mulai pikirkan,” tambahnya.

Lanjut dia, pemkot pada prinsipnya akan tetap memperhatikan sisa pedagang tersebut dan tidak akan menelantarkannya.
Jika berdasarkan peta penataan masih diperlukan pembangunan pasar maka akan kita bangun pasar lagi. Setelah itu mereka bisa kita relokasi kesana untuk melanjutkan mata pencaharian mereka untuk berdagang.

Sebelumnya ungkap Asrun, pihaknya pernah berencana untuk membeli tanah untuk pembangunan pasar di wilayah poasia. Namun, pemilik tanah tidak mau menjual tanah miliknya sehingga anggaran yang telah diporsikan tersebut dialihkan untuk perbaikan pasar baruga. (p3/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top