Jelang Putusan MK, Polisi Tingkatkan Kewaspadaan dan Latihan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Jelang Putusan MK, Polisi Tingkatkan Kewaspadaan dan Latihan

Ilustrasi

Ilustrasi

RAHA, BKK- Jelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) berkait Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muna yang akan digelar pada Kamis (25/2), pihak Kepolisian Resor (Polres) Muna meningkatkan kewaspadaan dan latihan.

Berbagai latihan ringan seperti menembak target, latihan fisik untuk mengendalikan massa jika terjadi anarkis, dilakukan pasukan Brigade Mobil Daerah (Brimobda) Sulawesi Tenggara (Sultra) di halaman Markas Polres (Mapolres) Muna.

“Kita saat ini lebih siaga dan waspada jika sewaktu-waktu ada peningkatan situasi,” terang Kapolres Muna Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yudith Satriya, Rabu (24/2).

Menurut dia, tidak dapat dipungkri bahwa Pilkada Muna diprediksi memiliki tingkat kerawanan yang tinggi, termasuk situasi politiknya, sehingga kemungkinan hal-hal buruk bisa saja terjadi.

Menyikapi itu, Ia menyatakan, telah memerintahkan seluruh jajaran, khususnya petugas intelijen dan keamanan (intelkam) untuk mempertajam monitor dan mengumpulkan informasi, berkait segala bentuk aktivitas yang ada hubungannya dengan pilkada.

Tidak hanya siaga dan waspada, Kapolres juga menekankan seluruh personel untuk menjaga netralitas, dan tidak terlibat dalam politik praktis.

“Kita harus netral untuk menghindari terjadinya konflik internal dan menjaga eksistensi Polri, agar tetap dipercaya oleh masyarakat.”

“Terkait pengaman, saat ini sejumlah titik mulai ditingkatkan pemantauannya, seperti di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kantor Panwaslu, kantor instansi pemerintah, dan posko masing-masing pasangan calon (paslon),” rincinya. (cr1/iis)

Click to comment
To Top