Speedboat Pemkab Muna Dibeli Rp 2,9 Miliar Hanya Dipamer – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Speedboat Pemkab Muna Dibeli Rp 2,9 Miliar Hanya Dipamer

Ilustrasi

Ilustrasi

RAHA, BKK- Sejak dibeli pada 2013 seharga Rp 2,9 miliar, speedboat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna sudah jadi besi tua.

Terparkir di Pelabuhan Raha, yang kondisi kapal yang dibeli era Bupati LM Baruddin ini terlihat mulai rusak, tidak pernah digunakan lagi. Pembelian menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna, La Ode Awal Jaya Bolombo SH mengungkapkan, speedboat ini konon baru dipakai dua kali saja. Selebihnya, parkir di depan Pelabuhan Raha.

“Beli speedboat cuma diparkir karena tidak layak digunakan lagi, cuma buang-buang uang negara saja. Bukan murah itu speedboat. Coba kalau dana itu digunakan untuk mengaspal jalan di Wakuru sana, bisa rampung 3 kilometer (km), pakai hotmix lagi,” cibir politikus Partai Demokrat ini, Selasa (23/2).

“Saya sudah mengecek ke lapangan melihat kondisi fisik speedboat yang sangat mahal ini. Ternyata memang benar, mulai rusak.”

“Bahkan menurut seorang motoris, akan lebih layak jika merehab speedboat Al Star yang dibeli Bupati Ridwan Bae, ketimbang merehabilitasi speedboat yang dibeli pada 2013 ini. Ini baru mubazir namanya,” tambahnya.

Pembelian speedboat ini dilakukan di Sekretariat Kabupaten Muna. Pamungkas, ia meminta pihak penegak hukum segera mengusut pembelian speedboat ini. (cr1/iis)

Click to comment
To Top