Pegawai di Bomban Tujuh Tahun Hilang, Gajinya Tetap Dibayar – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pegawai di Bomban Tujuh Tahun Hilang, Gajinya Tetap Dibayar

RUMBIA, BKK- Seorang pegawai di Bombana menghilang sejak tujuh tahun lalu dan tinggal di Kolaka. Karena tidak tertib administrasi, gajinya tetap dibayarkan pemerintah.

Adalah Muliardi, seorang guru yang awalnya ditempatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pising Kecamatan Kabaena Utara Kabupaten Bombana.

Informasi yang dihimpun wartawan koran ini, oknum guru yang diduga telah melakukan penipuan terhadap negara ini sudah meninggalkan tugasnya sebagai guru di SDN Wumbulasa pada 2009 lalu, dan kini tidak diketahui secara pasti keberadaannya.

Anehnya, hingga Desember 2015, dia masih menerima gajinya sebagai ASN sebagaimana mereka yang aktif menjalankan tugas kesehariannya.

Belum diketahui secara pasti penyebab hingga dia berhasil menerima gaji ASN meski sudah tak bertugas.

Namun, menurut keterangan yang diperoleh dari instansi kepegawaian, ada dugaan bahwa oknum guru tersebut melakukan pemalsuan administrasi setiap proses pelaporannya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bombana Rusman dikonfirmasi soal ini membenarkan kasus ini.

Menurut dia, sejumlah instansi terkait telah melakukan rapat guna membahas masalah ini, dan dalam waktu dekat pemkab akan segera melakukan rapat.

Saat ini, lanjut dia pemkab masih terus menyelidiki masalah ini guna memastikan.

“Informasi terakhir yang kami peroleh, yang bersangkutan saat ini sudah berdomisili di wilayah Wundulako Kabupaten Kolaka,” ungkapnya.

Masih klata Rusman, setelah mencuatnya masalah ini, Pemkab Bombana telah membekukan segala administrasi si pelaku.

“Kurang lebih sudah tujuh tahun dia meninggalkan tugas tanpa diketahui keberadaannya. Untuk menghindari semakin banyaknya tingkat kerugian negara, kita telah bekukan gajinya. Jadi terhitung Januari 2016 yang bersangkutan sudah tidak terima gaji lagi,” tukasnya. (cr2/iis)

To Top