Ayo..!! Lawan Upaya Pelemahan KPK – Berita Kota Kendari
Beranda

Ayo..!! Lawan Upaya Pelemahan KPK

*Aktivis Galang Tanda Tangan Tolak Revisi UU KPK

KENDARI, BKK – Puluhan aktivis yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) Sulawesi Tenggara (Sultra) menolak revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan menggalang tanda tangan, Selasa (23/2) di sekitar Eks MTQ Square Kendari.

KMS Sultra ini terdiri dari Puspaham Sultra, MATA Sultra, LEPIDAK Sultra, ALPEN Sultra, Solidaritas Perempuan (SP) Kendari, LBH Buton Raya, Walhi Sultra, KPA Korwil Sultra, FORSDA Kolaka, YAKIN Sultra, LEPPMIL Sultra dan SPS Sultra.

Puluhan organisasi ini bergabung menyuarakan penentangan terhadap upaya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan revisi terhadap UU KPK.

Direktur Eksekutif Walhi Sultra Kisran Makati mengaku, pengumpulan tanda tangan ini sebagai bentuk upaya perlawanan dari masyarakat terhadap upaya pelemahan KPK. Menurut dia, bila UU KPK direvisi, maka lembaga antirasuah itu berpontensi dibajak.

“Salah satu contoh, kehadiran dewan pengawas memunculkan kerancuan struktural dan pertanggungjawaban kinerja KPK. Prosedur penanganan yang kembali ke mekanisme hukum acara yang konvensional pada akhirnya justru akan membuat proses hukum yang dilakukan KPK akan berlarut-larut,” paparnya.

Selain itu, aturan penyadapan yang dilakukan oleh KPK terancam akan diubah bila revisi UU tersebut digolkan para wakil rakyat di senayan. Dalam revisi itu, penyadapan hanya bisa dilakukan pada tahapan penyidikan.

“Kalau di tahap penyidikan, maka upaya KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) sangat susah. Sebab, OTT ini hanya bisa dilakukan pada tahap penyelidikan seperti yang dilakukan selama ini oleh KPK,” paparnya.

Untuk itu tekan Kisran, seluruh fraksi di DPR untuk membatalkan rencana pembahasan revisi UU KPK. Selain itu, Presiden Joko Widodo harus menolak revisi tersebut.

“Kami akan terus mendorong gerakan masyarakat sipil dan berbagai elemen yang menginginkan Indonesia bersih dari korupsi untuk bersatu padu menggagalkan upaya pelemahan KPK,” tuturnya. (r1/jie)

To Top