Parkir Liar Picu Macet, Dishub Diminta Bertindak – Berita Kota Kendari
Beranda

Parkir Liar Picu Macet, Dishub Diminta Bertindak

KENDARI, BKK – Parkir liar di bahu jalan yang mengakibatkan kemacetan banyak dijumpai dalam wilayah Kota Kendari. Pemerintah Kota Kendari sepertinya kurang respek dengan persoalan-persoalan dimaksud.

Salah satu pengamat sosial Kota Kendari, Khabirun SSos MHum ditemui Minggu (21/2) mengatakan, salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari adalah mengantisipasi kemacetan.. Namun Dishub sebagai teknis masih kurang peka terhadap persoalan ini.

“Pemkot sudah mengupayakan beberapa hal seperti pelebaran jalan, pembagian jalur menjadi dua, menyediakan Bus Translulo, dan tidak menambah angkutan kota (angkot), dengan tujuannya meminimalisir kemacetan, tetapi hal tersebut percuma jika instansi teknis kurang peka,” ujarnya.

Beberapa titik yang sering dijumpai macet dan mendapatkan keluhan masyarakat pengguna jalan diantaranya di depan Lippo Plaza dan Mal Mandonga. Dari dua tempat ini saja, hingga kini belum ada perubahan, dan masih selalu macet.

“Kalau progres Dishub ada, pastinya parkir liar yang sering menyebabkan macet bisa teratasi namun seperti di depan Mall mandonga dan depan Lippo Plaza hingga kini tidak ada perubahan,” pungkasnya.

Manajer Lippo Plaza Kendari, Hendro yang ditemui terpisah mengakui, pelaku parkir liar yang ada di depan Lippo Plaza kebanyakan adalah pengunjung yang berbelanja di Lippo Plaza. Namun, kewenangan untuk menertibak parkir liar tersebut bukan wewenang pihak Lippo Plaza, sebab areal parkir bagi pengunjung disediakan dan cukup memadai.

“Kami tidak ada hubungannya dengan pengunjung yang memarkir kendaraannnya di bahu jalan depan Lippo Plaza, karena kami telah menyediakan juga areal parkir bagi pengunjung,” terangnya.

Ia melanjutkan, upaya untuk meminimalisir kemacetan akibat parkir liar, di luar areal Lippo Plaza juga telah dilakukan, bahkan hal itu telah dikordinasikan dengan pihak Dishub untuk menyediakan tanda larangan parkir, yang dipasang di bahu jalan depan Lippo Plaza, termaksud meminta kontraktor agar segera melakukan pelebaran jalan.

“Kami tidak lepas tanggung jawab, malahan kami juga berupaya bagaimana untuk meminimalisir parkir liar yang ada di depan Lippo Plaza. Kita bahkan memasang tiga tanda larangan parkir di bahu jalan depan Lippo Plaza,” jelasnya.

Cukup sependapat dengan hal ini, Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari, Simon Mantong menambahkan, memang benar bahu jalan yang ada di depan Lippo Plaza bukanlah kewenangan Lippo Plaza, untuk itu DPRD nantinya melalui komisi III akan menyarankan ke Dishub Kota Kendari agar memberikan sangksi bagi pelaku parkir liar.

“Kalau terus dibiarkan maka hal itu menjadi rentan dengan kecelakaan sebab ruas jalan yang daat digunakan pengunjung akan mengalami penyempitan, hal ini harus mendapat perhatian Pemerintah Kota,” pungkasnya.

Menanggapi hal ini, pihak Dishub Kota Kendari melalui Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Darat, Agus Sutarto mengatakan, tanggung jawab atas adanya parkir liar di depan Lippo Plaza tidak dapat dilempar semua ke Dishub, sebab yang melakukan parkir liar adalah pengunjung Lippo Plaza.

“Kami juga akan melakukan upaya, agar tidak ada lagi yang parkir liar di depan Lippo Plaza dan itu butuh kerja sama pihak Lippo Plaza,” jelasnya.

Ia juga berjanji, kedepannya selain mencari solusi atas kemacetan yang masih kerap terjadi di waktu sore hari hingga malam, pihak Dishub juga akan memberikan sangksi tegas bagi pemilik kendaraan yang masih melakukan parkir liar. (m2/jie)

Click to comment
To Top