72 Persen Air PDAM Kolaka Terbuang Percuma – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

72 Persen Air PDAM Kolaka Terbuang Percuma

Ilustrasi

Ilustrasi

KOLAKA, BKK- Bupati Kolaka H Ahmad Safei menyebut 72 persen air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kolaka terbuang percuma, diakibatkan pipa bocor.

“Jadi, bagaimana bisa menutupi kebutuhan air minum masyarakat Kolaka?” kata Ahmad Safei di hadapan masyarakat Kecamatan Latambaga.

Menurut mantan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka ini, pipa PDAM yang digunakan saat ini dibangun pada 1974.

Kala itu perpipaan ditanam di pinggir jalan, yang lebarnya masih enam meter. Sekarang, jalanan yang ada di kota Kolaka sudah memiliki lebar 20 meter.

Akibatnya, pipa PDAM sudah berada di tengah jalan, sehingga ketika pipa pecah, tidak bisa lagi diketahui letaknya.

Selain itu, debit sumber air PDAM di Sakuli sudah tidak efektif, sehingga untuk menari air digunakan pompa listrik. Biaya listrik lebih mahal dibanding iuran yang dibayar pelanggan setiap bulannya.

Karena itu, Ahmad Safei berjanji, akan segera memperbaiki, mulai dari perpipaannya hingga mencari debit air yang lebih besar.

Terlebih, kata dia, pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat melalui pembangunan sumber air baku baru, dan rekonstruksi jaringan distribusi PDAM Kolaka, menjadi program pemerintahan yang diusung dalam sembilan program prioritas.

Salah seorang warga Kolaka, Herman, mengeluhkan pelayanan air PDAM saat ini, karena terkadang kotor dan tidak layak konsumsi. Karena itu, pemkab diharapakan secepatnya mewujudkan programnya, khususnya pelayanan air PDAM yang layak konsumsi. (cr3/iis)

To Top