Tiga Tersangka Dugaan Korupsi LPMP Segera Dilimpahkan ke Pengadilan – Berita Kota Kendari
Beranda

Tiga Tersangka Dugaan Korupsi LPMP Segera Dilimpahkan ke Pengadilan

KENDARI, BKK – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) kembali memanggil tiga tersangka kasus dugaan korupsi anggaran kegiatan pelatihan peningkatan mutu pada 2013 oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketiga tersangka, yakni pejabat pembuat komitmen berinisial AL (43), ketua panitia lelang berinisial LG (51), dan kepala subbagian (kasubag) umum berinisial PR (49), tiba di Kejari pada Kamis (18/2) sekitar pukul 11.00 Wita.

Ketiganya diperiksa secara tertutup di ruangan penyidik pidana khusus (pidsus). Pemeriksaan berakhir sampai pukul 13.00 Wita.

Usai pemeriksaan, tersangka enggan memberikan keterangan pada awak media.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kendari Yohanes Gatot Irianto melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Tajuddin SH menerangkan, ketiga tersangka datang di Kejari hanya datang sebatas wajib lapor.

“Sekaligus untuk menandatangani berkas pemeriksaannya, untuk dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kendari. Bukan untuk diperiksa,” terangnya.

Saat ditanyai mengenai Kepala LPMP apakah akan kembali diperiksa? Tajuddin mengatakan, jika dibutuhkan keterangannya dan ada bukti-bukti baru dalam penyidikan maka akan kembali dipanggil untuk diperiksa.

Tajuddin menambahkan, hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akibat perbuatan para tersangka negara dirugikan senilai Rp 400 juta, dan sejauh ini ketiga tersangka telah mengembalikan kerugian negara, namun belum semuanya, baru Rp 130 juta.

“Tidak tertutup kemungkinan akan ada pengembalian berikutnya. Soal pengembalian anggaran, itu tergantung dari persidangan di pengadilan nanti, dan akan menjadi bahan pertimbangan hakim,” tambahnya. (p5/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top