Nur Alam Umbar Keberhasilan Delapan Tahun Memerintah – Berita Kota Kendari
Beranda

Nur Alam Umbar Keberhasilan Delapan Tahun Memerintah

Nur Alam

Nur Alam

KENDARI, BKK- Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam dan Saleh Lasata berakronim Nusa mengumbar keberhasilannya selama kurun waktu delapan tahun menakhodai daerah ini.

Di hadapan ribuan tamu dan undangan di Hotel Clarion Kendari, Kamis (18/2), Nur Alam menggelar ekspose delapan tahun memerintah.

Dalam sambutannya, Nur Alam mengatakan, prestasi yang paling membanggakan adalah peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sultra yang sebelumnya hanya Rp 759 miliar di masa Gubernur Ali Mazi, kini APBD Sultra sudah menembus angka Rp 2,6 triliun di eranya.

“Selama delapan tahun, kita berhasil genjot seluruh potensi daerah. Kita mampu tingkatkan pendapatan dan menggenjot APBD. Ini juga sudah termasuk penambahan gaji pegawai,” paparnya.

Menurut dia, APBD Sultra dalam kondisi ideal antara antara belanja publik dan belanja pemerintahan. Hal ini, terang dia, dikarenakan stabilitas ekonomi, keamanan, dan stabilitas politik mampu dijaga dengan baik oleh pemerintahan Nusa.

Nur Alam juga mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Sultra selama kepemimpinannya mengalami peningkatan meski diterpa krisis ekonomi dunia.

Tahun lalu, rinci NA, pertumbuhan ekonomi Sultra mencapi tujuh persen, tumbuh di atas rata-rata nasional, di tengah ekonomi global yang kurang baik.

Ia juga menyebut berhasil meredam angka pengangguran dan bahkan berhasil ditekan dari tahun ke tahun. Menurut dia, sebelumnya angka pengangguran mencapai 21,7 persen turun menjadi 13,7 persen.

“Prestasi ini bertujuan untuk membangun masyarakat,” tuturnya.

Bukan hanya itu, Nur Alam juga memparkan telah membangun berbagai infrastruktur jalan sepanjang ribuan kilometer, yang memudahkan jalur transportasi masyarakat Sultra.

“Semua jalan kita sudah menunjukkan perbaikan. Semoga sebelum akhir masa jabatan saya, seluruh pembangunan infrastruktur dapat selesai,” janjinya.

Untuk itu, pesan dia, seluruh keberhasilan yang telah ditanamkan Nusa agar tidak dilupakan oleh gubernur selanjutanya. Ia berharap, pemipin berikutnya bisa seperti sistem dinasti di Kerajaan Cina.

“Mereka tetap melanjutkan pembangunan pendahulunya. Saya juga inginkan itu ada di Sultra,” pintanya.

Ekspose Delapan Tahun Kepemimpinan Nusa, dibuka oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan. Dalam sambutannya, Zulkifli berujar, Sultra telah menjadi perbincangan nasional.

“Karena memiliki catatan prestasi yang luar biasa, mulai dari kemajuan pembangunan infrastruktur hingga pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Namun, Zulkifli mengingatkan Nur Alam, agar tetap memberikan perhatian lebih kepada pemerataan ekonomi di Sultra. Jangan sampai, terjadi kesenjangan penduduk yang miskin dan kaya terbuka lebar.

“Sisa masa jabatan harus dimanfaatkan dengan maksimal. Selain itu, Pak Gubernur tetap harus mencerdaskan generasi penerus di Sultra,” katanya.

Acara ini dihadiri oleh para bupati dan wali kota se-Sultra, pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Komandan Komando Resor Militer (Danrem), Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda), pimpinan bank, Anggota DPR Tina Nur Alam. (r1/iis)

To Top