Nur Alam Minta Mendagri Timbang Ulang Rencananya Lantik Surunuddin-Arsalim – Berita Kota Kendari
Beranda

Nur Alam Minta Mendagri Timbang Ulang Rencananya Lantik Surunuddin-Arsalim

KENDARI, BKK- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam berharap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tidak melantik pasangan Surunuddin-Arsalim sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe Selatan (Konsel) 2015.

Penegasan Nur Alam ini, menyusul adanya isu pelantikan Surunuddin-Arsalim yang akan diambil alih oleh Mendagri.

Menurut Nur Alam, salah satu dasar penundaan pelantikan pasangan dengan akronim Suara itu adalah belum adanya surat keputusan (SK) pemberhentian Arsalim dari aparatur sipil negara (ASN).

“Saudara Arsalim belum mengundurkan diri dari ASN. Mudah-mudahan, Bapak Menteri bisa kembali mempertimbangkan untuk menunda pelantikan di Konsel,” kata Nur Alam di Kantor Gubernur Sultra.

Masih kata Nur Alam, yang memperkuat sikap dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menunda pelantikan Suara, adanya putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negeri (PTTUN) Makassar yang membatalkan pencalonan Arsalim.

“Putusan PTTUN Makassar menunjukkan bahwa yang bersangkutan belum bisa dilantik,” ujarnya.

Meski begitu, Nur Alam pasrah bila Mendagri membuat khusus tentang pelantikan Arsalim.

“Itu di luar ranah Pemprov Sultra,” jelasnya.

Saat ini, berkas usulan pelantikan Surunuddin-Arsalim masih tertahan di meja Gubernur Sultra. Sebab, putusan PTTUN Makassar dan belum adanya pemberhentian Arsalim dari ASN menjadi alasan kuat gubernur untuk menundanya.

Bila Arsalim sudah mengantongi SK pemberhentian maka dirinya secara resmi akan mengusulkan ke Mendagri.

“Berkas itu akan dilanjutkan ke Kemendagri jika Arsalim sudah berhenti dari ASN secara permanen dan sudah ada putusan MA,” tuturnya.

Dikonfrimasi mengenai isu pelantikannya, Bupati Konsel terpilih Surunuddin tidak mengangkat nomor teleponnya. (r1/iis)

To Top