15 DPD Ancam Keluar dari PAN – Berita Kota Kendari
Headline

15 DPD Ancam Keluar dari PAN

#Muswil PAN Memanas

KENDARI, BKK – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Buton Umar Samiun mengancam akan keluar dari partai berlambang matahari terbit bersama 14 DPD kabupaten atau kota lainnya bila Wali Kota Kendari Asrun memimpin partai tersebut.

“PAN ini tetap dipimpin Nur Alam. (Kalau Asrun, red), maka kita akan mundur dari PAN semua,” tegas Umar Samiun saat ditemui di Hotel Clarion Kendari, Kamis (18/2).

Bupati Buton ini menegaskan, dari 17 DPD kabupaten atau kota, sebanyak 15 DPD masih menginginkan Nur Alam memimpin PAN. Sedang dua DPD PAN lainnya, yakni Kota Kendari yang dipimpin Asrun dan Konawe Selatan (Konsel) diketuai Djainal, tidak sepakat.

Ia berharap, Asrun dan Djainal mereka sadar atas perlawanannya tersebut.

“Tapi, ini baru perkiraan saja. Mudah-mudahan dia sadar,” katanya.

Menurut Umar, Asrun sangat ngotot untuk merebut PAN dari tangan Nur Alam. Untuk itu, kata dia, pihaknya tidak akan memasukkan Asrun dalam formatur.

“Tidak ada yang perlu dikomentari pencalonan Asrun. Karena, dia memang kader juga. Semalam, saya pimpin rapat bersama sekretaris DPW untuk mendengarkan pendapat DPD. Semua, masih inginkan Nur Alam,” paparnya.

Alasan DPD masih menginginkan Nur Alam, sebut dia, karena Gubernur Sultra itu merupakan pelekat PAN di Sultra. Sejak hasil pemilu 1997 dan menjabat sebagai Ketua DPW PAN pada 2004, PAN mengalami kemajuan yang pesat.

“PAN ini dilengketi Nur Alam. Tidak ada yang bisa ganti dia,” ujarnya.

Untuk itu, tekan dia, DPP harus mempertimbangkan usulan DPD PAN di Sultra. Jika tidak, maka seluruh pengurus akan meninggalkan partai tersebut.

“Partai ini kita bangun secara kebersamaan. Semua tetap inginkan Nur Alam,” tekannya.

Ditanyakan soal peluang Asrun, Umar mencibir dan menganggap Wali Kota Kendari itu di bawah kualitasnya.

“Kalau sama Asrun, masih lebih pantas saya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Baubau AS Thamrin belum bisa menyebut siapa yang akan didukung pada Muswil PAN Sultra. Ia mengaku, keputusan terakhir ada di DPP.

“Kita belum tahu karena mekanismenya tidak jelas,” singkatnya.

Click to comment
To Top