Warga Kolut: Puting Beliung yang Ini Paling Ganas – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Warga Kolut: Puting Beliung yang Ini Paling Ganas

#Lima rumah rusak, kerugian ratusan juta rupiah. (Foto: Usman/BKK)

#Lima rumah rusak, kerugian ratusan juta rupiah. (Foto: Usman/BKK)

LASUSUA, BKK- Tentara diturunkan ke Desa Ujung Tobaku Dusun Labalele Kecamatan Katoi Kolaka Utara (Kolut) yang mana lima rumah warga rusak akibat diterjang puting beliung, Kamis (11/2) sekira pukul 8.15 Wita.

Insiden ini tidak menelan korban jiwa, namun kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah.

Lima rumah warga yang diterjang angin puting beliung yang berada di jalan trans-Sulawesi. Angin keras disertai hujan berlangsung sekitar 30 menit.

Rumah yang diterjang puting beliung mengalami rusak parah di bagian atap rumah, dan ikut menghancurkan perabotan di dalamnya. Peristiwa ini juga menyebabkan jaringan listrik putus.

“Awalnya hujan keras disertai suarah gemuruh, di kejauhan terlihat ada awan hitam berputar-putar di tengah laut. Selang setengah jam kemudian, tiba-tiba angin mengangkat seng (atap) dan menerbangkan sebagian papan,” kisah H Sofian, salah satu warga yang rumahnya rusak parah.

Ia menuturkan, saat kejadian, dirinya dan keluarga panik berlarian keluar rumah. Menurut dia, bencana serupa pernah terjadi namun tidak separah ini.

Korban lainnya, Ahmad Pausara mengisahkan, sebagian besar warga baru saja melaksanakan Salat Magrib, tiba-tiba dikejutkan dengan suara bergemuruh angin yang mendekat dan kemudian menghamburkan rumah warga.

“Warga langsung bertakbir dan berhamburan keluar. Usai kejadian, kita langsung mendapatkan batuan dari BPBD dan Dinsos berupa selimut, mi instan dan alat-alat dapur lainya. Bahkan Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud lansung turun membantu mengumpulkan puing-puing rumah,” katanya.

Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) Lasusus Kapten Infantri Mapatobba yang ditemui wartawan mengatakan, pihaknya akan terus membantu dengan segala upaya bersama warga sampai dengan rumah warga ini layak dihuni kembali.

“Kita turunkan semua personel yang ada, termasuk para pembina dari setiap desa yang ada di Kolut,” katanya.

Sampai berita ini diturunkan, warga korban puting beliung dibantu tentara dan pemerintah melakukan pembersihan. (k6/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top