MTQ Kolaka Sudah Usai, Kolut dan Muna Baru Mulai – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

MTQ Kolaka Sudah Usai, Kolut dan Muna Baru Mulai

KOLAKA, BKK- Setelah bertahun-tahun mendominasi predikat juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten, Kecamatan Kolaka akhirnya disingkirkan Kecamatan Iwoimendaa.

MTQ ke-43 tahun ini, Kecamatan Kolaka datang sebagai juara bertahan. Bupati Kolaka H Ahmad Safei saat menutup MTQ, berharap para pemenang tidak berbangga hati dengan prestasi yang diraih, tapi terus belajar.

“Bagi yang belum juara supaya lebih memacu diri, sehingga MTQ selanjutnya dapat meraih juara,” pesannya.

Sementara itu, di Kabupaten Muna dan Kolaka Utara (Kolut), MTQ baru dibuka ketika di Kolaka sudah selesai.

Sabtu (14/2) lalu, ribuan masyaarakat Muna turun ke jalan mengikuti panwai (taaruf) menyambut pelaksaan MTQ. Mereka dilepas oleh Penjabat (Pj) Bupati Muna Drs Moh Zayat Kaimoeddin, yang dipusatkan di Alun-Alun Kota Raha.

“Ajang MTQ ini bukan hanya menjadi ajang kompetisi semata, melainkan juga kita jadikan sebagai ajang silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Memperkuat rasa persaudaraan kita, kekeluargaan, dan ikatan kebersamaam sebagai sesama warga masyarakat Muna,” kata Zayat.

Di tempat terpisah, Kolut menggelar pembukaan MTQ ke-10 di Lasusua.

“Alquran harus bisa di jadikan pedoman hidup, budaya hidup disetip derap langkah kaki, tarikan napas dan kediapan mata di payungi dengan Alquran,” kata Rusda saat membuka MTQ, Jumat (12/2).

Selain itu, kata Rusda, pelaksanaan MTQ ini jangan hanya dijadikan ajang tahuan melainkan harus mampu menciptakan generasi penerus yang akan jadi pemimpin yang memiliki ahlak, moral yang baik, dan Alquran sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara. (cr1-cr3-k6/iis)

Click to comment
To Top