Jembatan Ambruk, Akses Baubau-Butur Putus – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Jembatan Ambruk, Akses Baubau-Butur Putus

PASARWAJO, BKK – Sebuah jembatan di Desa Wakalambe Kecamatan Kapuntori Kabupaten Buton ambruk, Jumat (12/02). Jembatan itu merupakan jembatan darurat, salah satu penghubung transportasi darat dua kabupaten, Buton dan Buton Utara (Butur).

Sejak jembatan putus, mobil-mobil penumpang dari Butur maupun dari Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton, yang akan menuju Kota Baubau tidak dapat melintas.

Sopir mobil terpaksa memutar arah lebih jauh lagi melewati Kecamatan Pasarwajo.

Anggota Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Desa Wakalambe Kecamatan Kapuntori Kabupaten Buton, Brigadir Polisi (Brigpol) Giarto ketika ditemui di lokasi, Minggu (14/2) mengatakan, jembatan abruk akibat terbawa arus sungai yang kencang saat hujan deras.

Jembatan darurat itu, kata dia, sudah diperbaiki pada Sabtu (13/2) malam, dan kondisi normal kembali, namun Minggu pagi ada sebuah truk besar melewati jembatan, membuatnya ambruk kembali.

“Makanya, mobil truk ndak bisa kita kasi lewat sini. Cuma mobil-mobil kecil yang bisa lewat,” tuturnya.

Seorang sopir truk, Arlis mengaku, sudah dua hari tertahan, tidak bisa melewati jembatan karena dilarang. Tapi bila memaksa, ia khawatir jembatan akan rursak lagi.

“Itu jembatan dia cuma tahan pakai batang kelapa. Tadinya saya kira sudah bisami lewat. Padahal, kalau saya putar (lewat pasarwajo, red) sudah sampaimi mungkin,” kata sopir yang hendak menuju Butur itu.

Amatan di lokasi, mobil yang hendak melewati jembatan harus antre. Brigadir Giarto akan memandu mobil satu per satu. (k2/iis)

Click to comment
To Top