Siap Beroperasi, Kapal Feri Amolengo-Labuan Gelar Pelayaran Perdana – Berita Kota Kendari
Headline

Siap Beroperasi, Kapal Feri Amolengo-Labuan Gelar Pelayaran Perdana

RAHA, BKK- Dari Kendari ke Buton Uara (Butur) kini sudah dapat ditempuh dengan satu jam perjalanan, tidak lagi delapan jam plus diombang-ambing ombak Laut Banda.

Menyusul selesainya pengerjaan proyek pelabuhan feri di Amolengo Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) akhir tahun lalu, telah membuat jalan pintas antara Kendari dengan Buton Utara.

Dan juga bisa menjadi jalan alternatif dari Kendari ke Kabupaten Muna yang selama ini hanya satu jalu feri, Torobulu-Tampo, yang biasanya padat di saat-saat lebaran.

Jalur kapal feri ini diuji coba pada Rabu (3/2) lalu, dengan melakukan pelayaran perdana dengan Bahteramas 2. Demikian diungkapkan Daud, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Raha, Kamis (4/2).

“Kalau dulu masyarakat Labuan harus menggunakan jonson (kapal kayu) ke Amolengo dan makan waktu seharian, kini bisa ditempuh satu jam saja,” kata Daud, yang akrab disapa Bapaknya Ayu.

“Pelayaran perdana ini masih bersifat uji coba. Selanjutnya akan diatur pihak ASDP Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).”

Daud juga mengatakan, kapasitas Feri Bahtramas 2 ini lebih besar dari feri Torobulu-Tampo.

“Jadwal pelayarannya berapa kali seminggu, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra yang atur. Artinya, jadwal patennya Dishub Sultra yang tentukan,” tambah Daud.

Selain itu, Daud juga mengungkapkan, jika tidak ada aral melintang, bakal ada kapal roro yang melayani Raha-Kendari.

“Informasinya memang seperti itu,” pungkasnya.

Kapal roro adalah yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri, dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on – roll off atau disingkat ro-ro.

Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.

Kapal roro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang jalan kaki. (cr1/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top