Dinkes Muna Akan Sweeping Balita – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Dinkes Muna Akan Sweeping Balita

La Ode Rimba Sua

La Ode Rimba Sua

RAHA, BKK- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna mencatat ada balita berusia 0-59 bulan belum mendapat imunisasi polio.

Kepala Dinkes La Ode Rimba Sua SKM MSi mengimbau seluruh orangtua balita sasaran, agar membawa anaknya ke seluruh posyandu di 300 desa dan 27 puskesman yang ada, untuk diberi pelayanan gratis.

“Agar seluruh anak Indonesia khususnya di Muna bebas dari penyakiit polio atu lumpuh layu,” ujarnya, Kamis (28/1).

Dikatakan, pemberian imunisasi polio gratis ini dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang akan digelar mulai 8 Maret sampai 15 Maret nanti.

“Tahun 2016 ini Indonsia akan bebas polio,” terangnya.

Ia melanjutkan, jika ada balita sasaran masih belum dibawa ke posyandu dan puskesmas, petugas Dinkes akan menggelar sweeping ke rumah-rumah balita sasaran.

“Kita sudah sudah punya tim supervisor sebanyak 90 personel, untuk memantau kegiatan PIN di 27 puskesmas dan lebih 300 posyandu se Kabupaten Muna. Ya, hampir hampir mirip dengan hitungan real count orang pilkada.

“Jadi, nanti PIN digelar serentak dari pusat sampai ke daerah, kita di Muna akan menerima langsung laporan dari seluruh posyandu dan puskesmas, tetang balita yang diimunisai polio. Sekretariat PIN di Muna dipusatkan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Muna.

“Semua laporan PIN ini natinya langsung masuk datanya ke sekretariat PIN di Dinkes Muna. Jika ada balita sasaran tidak datang di posko, kami akan sweeping ke rumah rumah balita sasaran se-Muna,” tambahnya. (cr1/iis)

Click to comment
To Top