“Januari Telat Gajian, Itu Biasa” – Berita Kota Kendari
Beranda

“Januari Telat Gajian, Itu Biasa”

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terlambat membayarkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) bulan Januari 2016 ini. Kepala Sub Unit Keuangan Daerah Kota Kendari, La Ode Maarfin mengungkapkan, keterlambatan seperti ini memang biasa terjadi pada bulan pertama tahun berjalan.

Ia mengatakan, penyebab keterlambatan itu karena ada beberapa prosedur dan tahapan yang harus dilalui sampai bisa dilakukan pencairan untuk pembayaran gaji.

“Pada awal Januari kan kita baru selesai menyusun APBD. Setelah itu bikin dokumen pelaksanaan anggarannya (DPA) sebagai penjabaran dari APBD,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/1).

Lanjut dia, setelah menyelesaikan DPA pihaknya kembali harus membuat anggaran kas untuk menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).

“Kalau sudah dibikin DPA dan anggaran kasnya maka bisami ada Surat Perintah Pencairan Dana. Jadi memang diawal tahun biasa seperti ini. Setelah itu SKPD tinggal masukan permintaan untuk gaji supaya bisa dicairkan,” tambahnya.

Masih kata dia, untuk bulan-bulan lain, pihaknya selalu membayarkan gaji pegawai tepat pada waktunya. Hal ini dibuktikan dengan reward yang diberikan oleh pihak Taspen karena membayar gaji pegawai tepat waktu.

“Bulan-bulan lain paling lama tanggal lima sudah dibayarkan semuami gaji pegawai. Itupun tanggal lima jarang juga, biasanya tanggal tiga atau tanggal empat setiap bulannya. Karena itu baru-baru ini kita dapat reward dari Taspen, karena penyetoran laporan pembayarannya kita tidak pernah lewat tanggal lima,” ujarnya. (p3/jie)

To Top