Teror Bom, Polda Sultra Juga Siaga – Berita Kota Kendari
Headline

Teror Bom, Polda Sultra Juga Siaga

 Polisi saat melakukan pengamanan di Lippo Plaza Kendari.(Foto: Kasman/BKK)

Polisi saat melakukan pengamanan di Lippo Plaza Kendari.(Foto: Kasman/BKK)

# Tingkatkan Pengamanan Pusat Perbelanjaan “Berbau” Amerika

KENDARI, BKK- Pasca ledakan beruntun terjadi di kawasan pusat perbelanjaan Sarinah Jakarta Pusat pada Kamis (14/1), puluhan personel Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) langsung bergerak melakukan pengamanan khusus pada tempat-tempat keramaian yang dianggap rawan terjadinya aksi teror.

Pengamanan khusus itu dipusatkan pada pusat perbelanjaan yang mengandung produk-produk Amerika Serikat. Diantaranya, Hollywood, Lippo Plaza, Rabam, dan Kentucky Fried Chicken (KFC).

Selain itu, polisi juga meningkatkan pengamanan pada seluruh markas komando (mako) serta asrama-asrama polisi. Itu dilakukan, karena selain menyasar pusat perbelanjaan berbau Amerika, teroris juga menyasar polisi.

“Polda Sultra malakukan pengamanan khusus tempat-tepat keramaian. Siaga di tempat berbau amerika. Saya kira sudah tau semuanya sasarannya aparat kepolisian dan temat berbau Amerika,” terang Kepala Biro (Karo) Operasional (Ops) Polda Sultra Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Drs Yosi Hariyoso, kepada sejumlah awak media saat memimpin operasi pengamanan di Lippo Plaza Kendari, Kamis (14/1) malam.

Peningkatan pengamanan aparat Polda Sultra juga masuk akal karena Sultra berbatasan langsung dengan Sulteng yang menjadi markas jaringan teroris Santoso.

Saat ditanya, alasan teroris menyasar polisi dalam setiap aksi peledakan, Yosi mengatakan, kemungkinan para pelaku teror itu sakit hati karena polisi selalu melakukan penangkapan terhadap mereka.

“Karena polisi yang selalu menangkap mereka,” ujarnya saat saat memberikan keterangan di depan pintu masuk Lippo Plaza, yang turut didampingi Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Sultra Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sunarto.

Lebih lanjut Yosi mengatakan, pengamanan tersebut berlangsung pada seluruh Kepolisian Resor (Polres) jajaran Polda Sultra. Dan, peningkatan pengamanan akan terus dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan hal-hal yang bisa terjadi di tempat ramai didatangi masyarakat.

Manajer Lippo Plaza Hendro dalam perbincangannya dengan Kabidhumas Polda Sultra AKBP Sunarto menyambut baik kedatangan pihak kepolisian yang melakukan pengamanan tersebut.

Menurutnya, hal itu sebagai bentuk memaksimalkan kenyamanan masyarakat pengunjung Lippo Plaza.
“Bagus, ini juga sebagai bentuk terciptanya kenyamanan pengunjung disini,” ujarnya.

Pantauan jurnalis koran ini, dalam melakukan pemantaun dan pengamanan tersebut, melibatkan sedikitnya 20 personel gabungan yang terdiri dari 10 anggota Gegana Satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Sultra, Direktorat Sabhara (Ditsabhara) Polda Sultra , dan Polisi Satwa yang juga menurunkan satu ekor anjing pelacak.

Puluhan personel tyang tiba di Lippo Plaza sekitar pukul 19.00 Wita tersebut langsung melakukan penyisiran yang dimungkinkan tersimpan terjadinya benda yang mengandung ledakan.

Dengan dibantu anjing pelacak, personel berpakain lengkap dengan senjata laras panjang melakukan penyisiran mulai dari luar hingga dalam Lippo Plaza. Sekitar 30 menit melakukan penyisiran, polisi meninggalkan tempat tanpa menemukan benda yang mencurigakan. (r2/lex)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top