PNS Pemkot Dituntut Terapkan Budaya Malu – Berita Kota Kendari
Beranda

PNS Pemkot Dituntut Terapkan Budaya Malu

Alamsyah Lotunani

Alamsyah Lotunani

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari meminta para Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar menerapkan budaya malu dalam bekerja. Hal ini memang sudah sepatutnya gencar disosialisasikan dan diterapkan guna memperbaiki kinerja para pegawai.

Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Alamsyah Lotunani. Ia menyebut, sosialisasi dan penerapan budaya malu merupakan sebuah salah satu kunci dalam meningkatkan kinerja dan mencegah PNS yang suka malas berkantor.

“Budaya malu itu penting bagi pegawai. Kalau tidak mau dikenai sanksi memang budaya ini harus dilaksanakan para PNS kita. Misalnya malu karena datang telat dan pulang cepat. Malu karena memberikan pelayanan yang buruk, malu karena melanggar peraturan dan sebagainya,” katanya saat diwawancarai via telepon selulernya, Selasa (12/1).

Olehnya itu, ia mengimbau kepada seluruh PNS agar menaati segala peraturan yang ada dan membiasakan diri untuk malu jika tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Samsuddin Rahim meminta adanya komitmen dari Pemkot mengenai hal ini.

“Saya setuju dengan penerapan budaya malu ini karena tujuannya sangat baik. Dan kalau kinerja pegawai mau bagus, Pemkot harus betul-betul serius mengenai ini, jangan hanya sekedar angin lalu,” katanya saat ditemui diruangannya, Selasa (12/1).

Ia juga meminta, oknum pegawai yang melanggar aturan dan budaya malu tersebut agar diberikan sanksi jika tidak profesional dalam bekerja.

“Pokoknya pemerintah harus tegaslah kalau ada temuan pelanggaran dari budaya malu itu, biar ada efek jera. Apalagi dalam melayani masyarakat, karena mereka digaji dari uang rakyat,” tambahnya. (p3/jie)

Click to comment
To Top