Masuk PNS Harus Tes – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Masuk PNS Harus Tes

Azhari

Azhari

#Rektor USN Apresiasi Kebijakan Presiden Mengangkat P3K Dosen PTNB

KOLAKA,BKK- Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Dr Azhari mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi yang mengangkat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) semua staf dan dosen perguruan tinggi negeri baru (PTNB).

“Dengan kebijakan Presiden ini, membantu mengurangi ‎beban Rektor terkait status pejabat, dosen dan staf yang baru dinegerikan,” ungkap Azhari ditemui Senin (11/1) di kantornya.

Rektor negeri termuda di Indonesia ini mengungkapkan, pihaknya baru membayar satu tahun gaji staf dan dosen USN Kolaka melalui dana bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) jika dibandingkan dengan universitas yang telah lima tahun dinegerikan seperti Universitas Bangka Belitung.

Setelah menjadi P3K, maka gaji staf dan dosen diambil melalui dana anggaran pendapatan belanja nasional (APBN).

Status P3K tidak sama dengan honorer karena diundangkan dalam aturan negara, serta memiliki tunjangan seperti yang diterima oleh aparatur sipil negara (ASN). Dengan status P3K, mereka bisa menempati jabatan dekan dan lainnya.

Selain itu, keunggulan PTNB semua staf dan dosen ‎dikontrak sampai pensiun dan tidak akan dipecat kecuali melakukan pelanggaran.

“Sebenarnya, rekrutmen P3K pernah direncanakan tahun lalu, tapi baru diperlakukan untuk PTNB. Sebagai PTN baru, saya bersyukur atas pernyataan Presiden, sebab mengakhiri kebuntuan karir dosen dan staf selama ini,” kata Azhari.

Terkait pernyataan staf dan dosen USN yang menyesalkan karena tidak diangkat sebagai pegawai ASN, Rektor menegaskan bahwa itu semua disebabkan ketidaktahuan mereka. Sebab sebelumnya pernah melakukan pertemuan antar lintas pegawai dengan kesepakatan akan langsung diangkat PNS usia 35 tahun ke bawah.

“Ini semua sudah dijelaskan dan mereka sudah paham,” tuturnya.

Ia menegaskan, seseorang tidak bisa langsung diangkat menjadi PNS tanpa melalui tes. Sebab, hal ini merupakan amanat Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN.‎ Bisa menjadi PNS tanpa tes, kecuali UU tersebut diamandemen. (cr3/r1)

Click to comment
To Top