Aswad Sulaiman Suruh Tukang Bekerja Tidak Sesuai Kontrak – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Aswad Sulaiman Suruh Tukang Bekerja Tidak Sesuai Kontrak

#Korupsi Pembangunan Kantor Bupati Konut

KENDARI, BKK- Kepala tukang untuk proyek pembangunan Kantor Bupati Konawe Utara (Konut), Baharuddin (33), mengungkapkan Bupati Aswad Sulaiman yang memerintahkan dirinya mengerjakan pekerjaan di luar kontrak.

“Aswad memerintahkan kepada saya untuk melakukan pembongkaran pada sayap kiri dan kanan kantor bupati, sementara pekerjaan tersebut telah selesai sesuai dengan kontrak yang ada, dengan alasan karena tidak sesuai dengan apa yang dia (Aswad, red) inginkan,” ungkap Baharuddin, di hadapan majelis hakim Pengadilan Tipikor Kendari, Selasa (12/1).

Keberadaan Baharuddin merupakan saksi meringankan yang dihadirkan terdakwa Siodinar. Selain Baharuddin, Siodinar juga mendatangkan Suprapto (39) yang merupakan mantu terdakwa.

Majelis hakim yang dipimpin Arwana SH didampingi Yoen Efri SH dan Kusdarwanto SH memeriksa pertama kali saksi Baharuddin.

Giliran Suprapto, ia menerangkan, pernah melihat Ginalolo datang ke rumah terdakwa Siodinar bersama rekannya. Pengakuan ini berbanding terbalik dengan keterangan Ginalolo di persidangan sebelumnya, bahwa dirinya tidak pernah datang ke rumah terdakwa.

Usai sidang, jaksa penuntut umum (JPU) perkara ini, Anita SH, saat ditemui wartawan menyatakan rasa keberatan karena saksi yang dihadirkan oleh terdakwa yang merupakan keluarga Siodinar. Menurut dia, saksi bisa saja memberikan keterangan palsu.

Terpisah, penasihat hukum (PH) terdakwa, Muhammad Gazali Hafid SH dan Risal Akman SH menanggapi, pihaknya menghadirkan saksi tersebut karena JPU tidak bisa menghadirkan saksi ahli.

“Yang bisa memberikan keterangan berkait hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang mengatakan Siodinar terbukti melakukan tindak pidana korupsi atas pekerjaan pembanguan kantor bupati,” kata Gazali. (p5/iis)

Click to comment
To Top