SMAN 5 Kendari Budayakan Sikap Disiplin – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMAN 5 Kendari Budayakan Sikap Disiplin

KENDARI, BKK – Dalam meningkatkan mutu pendidikan serta tanggung jawab yang tinggi, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kendari menerapkan budaya sikap disiplin kepada seluruh pelajar dan guru.

Kepala SMAN 5 Kendari Ishak Paway mengaku, secara bertahap budaya disiplin ini telah diterapkan pada dirinya dan selanjutnya ditularkan kepada guru serta pelajar.

Menurut dia, salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas siswa yang nantinya berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan adalah kedisiplinan.

Ia menambahkan, dengan mengajar kedisiplinan kepada siswa harus dimulai dari diri sendiri. Untuk itu, ia terus memberikan motivasi kepada siswa agar terus membudayakan sikap disiplin, utamanya dari sisi waktu.

“Saya selalu memotivasi anak-anak bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari disiplin,” terangnya kepada jurnalis Berita Kota Kendari Senin (11/1).

Menumbuhkan sikap disiplin, lanjut dia, bukan hanya sekadar dengan ucapan. Akan tetapi, langsung dengan perbuatan dan memberikan contoh kepada peserta didik. Selain itu, tambah dia, perlunya faktor pendukung pembentukan disiplin lainnya dari sisi eksternal, seperti fasilitas sekolah yang baik.

“Guna meningkatkan mutu pendidikan, penerapan kedisplinan juga kami laksanakan melalui kegiatan pengayaan bagi siswa kelas Xll yang akan menghadapi ujian nasional. Jika siswa disiplin belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal terhadap mata pelajaran yang diajarkan, termasuk yang akan diujiankan, diyakini bisa memperoleh nilai lebih baik dan terpenting pemahaman terhadap pelajaran bisa diraih,” bebernya.

Masih kata Ishak, kegiatan pengayaan juga intens dilakukan bagi kelas rendah, seperti kelas Xll. Ia berharap, dengan upaya seperti ini, pihaknya dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kota Kendari, khususnya pada sekolah yang dipimpinnya.

“Selain siswa, guru pun dituntut disiplin dalam melakukan proses belajar mengajar. Mengingat semua pihak turut andil dalam meningkatkan mutu pendidikan, apalagi guru bertanggung jawab mencerdaskan anak bangsa,” tutupnya. (p1/c/r1)

Click to comment
To Top