Tiga Sekolah Dicabut Izin Operasionalnya – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Tiga Sekolah Dicabut Izin Operasionalnya

KENDARI, BKK – Tiga Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) di Kota Kendari akan dicabut izin operasionalnya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari. Ketiga sekolah tersebut, SMK Bahtera Samudra, SMK Panca Marga dan SMK Budi Mulia.

Hal ini, dibenarkan oleh Kepala Seksi SMK Dikbud Kota Kendari Muchdar Alimin,Rabu (16/9). Menurut dia, pencabutan Izin ketiga sekolah ini dikarenakan tidak mempunyai anak didik lagi pada tahun 2015 ini.

Muchdar menambahkan, setiap sekolah yang ada di Kota Kendari selalu diawasi oleh pengawas pembina. Oleh pengawas, selalu memantau aktifitas sekolah baik dalam hal proses pembelajaran dan yang terpenting lagi jumlah siswa di setiap sekolah.

”Untuk memaksimalkan proses pembelajaran, harusnya setiap sekolah swasta mampu bersaing dengan sekolah negeri yang ada di Kota Kendari. Namun, hal tersebut jauh dari harapan bahkan dari tahun ke tahun ketiga sekolah ini kekurangan peminat. Bahkan, dari sekolah ini tidak mempunyai anak didik lagi, maka dari itu kami akan mencabut izin operasional,” tegasnya, Rabu (16/9).

Dikatakannya, ‘SMK swasta di Kota Kendari selalu mengandalkan dana dari swadaya masyarakat. Namun, baru-baru ini mereka mendapat bantuan program dari pemerintah yakni bantuan operasional sekolah (BOS).

“Untuk bantuan seperti itu sebenarnya tidak diberikan langsung kesiswa namun lambat laun akan dirasakan oleh siswa,” bebernya.

Dikatakannya, pencabutan izin itu sendiri sebenarnya bertujuan untuk meringankan sekolah dalam hal pembiayaan baik menggaji guru honorer maupun melengkapi fasilitas sekolah yang ada.

Ia juga mengakui, keberadaan sekolah swasta di Kota Kendari sebenarnya sangatlah membantu dalam peningkatan mutu pendidikan karena dari tahun ketahun untuk pelajar setingkat SMA atau SMK semakin bertambah.

Saat ditemui ditempat yang berbeda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Kota Kendari Makmur mengaku, menyayangkan ketiga sekolah itu tidak memiliki siswa.

“Menyikapi hal ini insyallah dalam waktu dekat ini Surat Keterangan (SK) untuk pencabutan izin operasional sudah ada. (p1/r1)

To Top