NA Berpeluang Pimpin PAN Empat Periode – Berita Kota Kendari
Headline

NA Berpeluang Pimpin PAN Empat Periode

Nur Alam

Nur Alam

#Muswil PAN Diundur Desember

KENDARI, BKK – Nama besar Nur Alam di tubuh Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Tenggara (Sultra) belum tergoyahkan. Saat ini, namanya masih tetap dipertimbangkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) partai berlambang matahari terbit di periode keempatnya.

Ditemui di Swiss-Belhotel Kendari, Selasa (15/9), Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengaku, tidak ada larangan atau aturan bila seseorang menjabat sebagai ketua hingga empat periode. Selama kader partai masih menginginkan, kenapa tidak tetap dipertahankan.

“Tidak atauran apa pun,” kata Eddy saat ditanyakan soal rumor Nur Alam akan menjabat empat periode di PAN Sultra.

Saat ditanyakan apakah dia mendukung Nur Alam tetap maju di periode keempatnya, Eddy menjawab politis. Dia beralasan, jika kader masih menginginkan Nur Alam memimpin PAN dengan tujuan untuk membesarkan partai maka dia menganggapnya tidak masalah.

“Kalau tujuannya untuk partai tidak masalah,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Edy, dalam kesempatannya datang di Kendari dia meminta masukan dari selurh kader seperti apa kehendaknya musyawarah wilayah (muswil) nanti. Menurut dia, kader sendiri yang menentukan pemimpinnya lima tahun ke depan.

“DPP hanya fasilitasi saja. Kita minta masukkan dari DPD seperti apa keinginannya,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Eddy, pihaknya baru bisa memutuskan di rapat pleno partai berkait rencana penempatan Nur Alam sebagai Ketua DPW PAN Sultra untuk empat periode.

“Kita akan bicarakan nanti di DPP,” singkatnya.

Menyangkut muswil, Eddy juga mengaku mendapatkan masukkan dari kader. Oleh DPW, lanjut Eddy, mengusulkan agar muswil dilaksanakan Desember dengan alasan adanya momen pemilihan kepala daerah (pilkada) di Sultra.

“Dan pertimbangan dari DPW itu kita tampung,” ujarnya.

Dan dari usulan tersebut, tambah dia, sangat masuk akal bila Desember muswil dilaksanakan. Tetapi, tambah dia, keputusan kapan dilaksanakannya muswil ditentukan pada rapat internal DPP.

Oleh karenanya, lanjut dia, waktu muswil ini masih tentatif sifatnya. Bisa saja, DPP memutuskan bulan ini atau Desember nanti.

“Kalau permintaan bulan Desember denga format yang disampaikan DPW, maka tidak ada halangan muswil dilaksanakan Desember,” katanya.

Menyangkut usulan Nur Alam menduduki empat periode di partai, ikut disampaikan oleh Ketua DPD PAN Konawe Kerry Sjaiful Konggoasa. Menurut dia, wajar Nur Alam memimpin partai ini empat periode karena sukses mengantarkan partai berkuasa di Sultra.’

“Meskipun saya juga ingin menjadi ketua DPW. Tapi, saya setuju Nur Alam kembali memimpin partai,” katanya.

Lain soal dengan Asrun, saat ditanyakan tentang muswil dia tampak lesu menjawabnya. Ia mengaku, muswil diserahkan saja ke DPP seperti apa bentuk pelaksanaannya.

“Kita serahkan saja di DPP. Yang jelasnya, muswil diminta Desember,” singkatnya.

Menurut Asrun, muswil itu tidak terlalu penting baginya. Karena, keputusan tertinggi ada di DPP seperti kajiannya.

“Kalau kesiapan maju gubernur saya siap. Kalau muswil belum tahu,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Sultra Nur Alam saat dimintai tanggapannya enggan memberikan jabatan. Ia beralasan, tidak ada lagi yang perlu ditanyakan.

“Apa mau tanyakan? Nanti besok saja,” singkatnya saat dihardik awak media. (r1/lex)

To Top