Kapal Kayu Sarat Muatan Terbakar, Heboh – Berita Kota Kendari
Headline

Kapal Kayu Sarat Muatan Terbakar, Heboh

Kapal Layar Motor (KLM) Berkat Usaha yang sarat muatan dengan barang-barang rumah tangga terbakar di di dermaga Pelabuhan Murhum Baubau, Kamis (03/09) dini hari.

Kapal Layar Motor (KLM) Berkat Usaha yang sarat muatan dengan barang-barang rumah tangga terbakar di di dermaga Pelabuhan Murhum Baubau, Kamis (03/09) dini hari.

BAUBAU, BKK – Sebuah Kapal Layar Motor (KLM) Berkat Usaha milik warga Tomia, Kabupaten Wakatobi terbakar di dermaga Pelabuhan Murhum Baubau, Kamis (03/09) dini hari. Api diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik dari mesin lampu.

Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran diturunkan. Api yang berusaha dipadamkan sejak pukul 03.00 dini hari itu terus membakar bagian dalam kapal hingga pukul 07.00 Wita. Pasalnya sumber api sulit dijangkau akibat banyaknya muatan yang telah terbakar di dalam kapal.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir hingga Rp 4 miliar lebih. Hingga pukul 07.00 Wita, Anak Buah Kapal (ABK) dan warga masih terlihat berusaha menyelamatkan barang-barang. Amatan di lapangan, barang-barang dari dalam kapal yang sempat dikeluarkan hampir memenuhi dermaga.

Kapal kayu itu baru saja membeli barang dari Surabaya. Kapal sandar di dermaga Pelabuhan Murhum Baubau sejak dua hari lalu untuk mengisi bahan bakar, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Papua.

“Rencananya nanti malam kita mau berangkat mi ke Timika (Papua) kalau sudah isi minyak,” tutur seorang ABK Hasbar.

Kata Hasbar, kapal mulai terbakar sekitar pukul 02.00 dini hari. Saat itu 12 orang ABK masih terlelap tidur. Tiba-tiba seorang ABK berteriak ada api dari dalam kamar mesin. Sontak para ABK terbangun dan langsung berusaha menyelamatkan barang-barang muatan kapal.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Murhum Baubau, Capt Bukhari M Phar mengatakan, untuk mengantisipasi kebakaran menyebar ke kapal-kapal lain, pihaknya langsung memerintahkan kapal lain menjauh. Dia juga membenarkan kapal itu singgah untuk mengisi bahan bakar.

“Rencana pagi ini mau berangkat, kapal-kapal lain langsung kami geser ke tempat yang lebih aman,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan Pemakaman dan Pemadam Kebakaran Baubau, Sumarto Lanae menyebut tiga unit damkar dikerahkan untuk membantu memadamkan api. Banyaknya bahan yang mudah terbakar menyebabkan api cepat merembet ke seluruh bagian geladak kapal.

“Pompa air juga kita siapkan, asapnya tebal karena banyak barangnya,” tuturnya.

Amatan di lokasi, ratusan muatan kapal berbagai jenis diselamatkan di atas dermaga. Beberapa barang diantaranya puluhan kasur, speaker, televisi dan beberapa jenis barang elektronik lainnya juga terlihat. Tampak juga satu unit sepeda motor cros mini yang sempat diselamatkan. (k2/lex)

To Top